Kepolisian Daerah (Polda) Jambi  melaksanakan apel kebangsaan  sekaligus deklarasi bersama pemilu damai 2024 bersama partai politik, pimpinan ormas, relawan dan mahasiswa setempat sebagai komitmen mewujudkan  Pemilu 2024 yang aman, damai, sejuk dan bermartabat.

"Deklarasi ini bertujuan memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa, kami yakin jika rasa persatuan bangsa kokoh maka kontestasi politik 2024  dapat berjalan dengan aman, damai dan bermartabat," kata Kepala Kepolisian Daerah Jambi Inspektur Jendral Polisi Rusdi Hartono di Jambi, Sabtu.

Rusdi menegaskan kepada seluruh partisipasi deklarasi agar menetapi janji deklarasi dan mengimplementasikannya di lapangan selama kontestasi politik berlangsung.

"Kondisi persatuan bangsa selalu menghadapi tantangan salah satunya yang nyata adalah potensi perpecahan disaat kita dalam suasana kontestasi pemilu 2024," katanya.

Fakta dari pemilu sebelumnya, kata dia, menunjukkan  bahwa fenomena berita bohong, politik adu domba, politik identitas masih menjadi tantangan dan mewarnai setiap kontestasi politik hingga saat ini. 

Untuk itu, apel kebangsaan dan deklarasi bersama Pemilu 2024 memunculkan rasa optimisme untuk semua masyarakat dan menjadi perekat persatuan bangsa.

Terkait Pemetaan kerawanan pemilu di Jambi, Kapolda  menegaskan jika saat ini situasi di Jambi relatif aman, meski begitu Polri dan TNI terus mengoptimalkan pengamanan seluruh wilayah.

Danrem 042 Garuda Putih Brigjen  TNI Supriyono dalam kesempatan itu menegaskan apel kebangsaan dan deklarasi deklari damai ini dimaknai untuk mewujudkan kebersamaan dan sinergi seluruh pihak untuk menciptakan Pemilu damai.

TNI dan Polri berkomitmen untuk menjunjung netralitas selama kontestasi politik berlangsung. Netralitas itu diwujudkan dengan tetap menjaga kedekatan antara seluruh pihak serta kerja sama meraih pemilu damai dan aman.


 

Pewarta: Tuyani

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023