PT Taspen meresmikan pembayaran pensiunan ASN yang memasuki Batas Usia Pensiun (BUP) tanpa dokumen untuk wilayah Jakarta, Sumbagsel, Sulawesi Ambon Papua yang mulai berlaku pada Januari 2024.

Direktur Operasional Taspen Ariyandi di Jambi, Sabtu, mengatakan bahwa Taspen dari tahun ke tahun terus melakukan perubahan pelayanan. Layanan ini menjadi implementasi digitalisasi pada perusahaan BUMN tersebut. 

Secara otomatis, kata dia, saat ASN memasuki BUP maka pensiunan akan masuk ke rekeningnya melalui Bank Mandiri Taspen.

"Kita terapkan paperless, tidak perlu ke kantor, tidak perlu dokumen tapi menggunakan basic data," kata dia.

Ia mengatakan dari seluruh ASN yang pensiunan pada awal 2024, maka sebanyak 80 persen-nya harus sudah terlayani.

Saat ini Taspen sudah memiliki kantor cabang di seluruh Indonesia. Taspen juga bekerjasama dengan mitra seperti PT Pos dan Perbankan untuk hadir diberbagai kabupaten/kota di Indonesia. 

Ariyandi menegaskan untuk memperkuat pelayanan tanpa dokumen ini, PT Taspen memberikan pelatihan etika pelayanan bagi frontiliner dan sumber daya manusia perusahaan guna mewujudkan pelayanan yang memuaskan bagi pensiunan ASN.

Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor mengatakan program ini bermanfaat dalam memastikan ASN dan pejabat negara menerima manfaat pensiunan tepat waktu sehingga Taspen perlu berkelanjutan meningkatkan pelayanan serta berkolaborasi dengan mitra.

Gubernur Jambi Al Haris mengatakan Pemerintah Provinsi Jambi mengapresiasi inovasi layanan Bagi pensiunan ASN tersebut. 

Ia berharap Taspen konsisten membantu pensiunan ASN melalui berbagai program bersama anak perusahaan seperti wirausaha pensiunan dan sebagainya.



 

Pewarta: Tuyani

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023