Sekretaris Daerah Kota Jambi A.Ridwan pimpin upacara peringatan Hari Guru Nasional dan HUT 78 tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) tahun 2023, yang berlangsung di Lapangan Utama Kantor Wali Kota Jambi, Senin pagi.

Upacara yang diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih itu, dihadiri oleh seluruh Guru se-Kota Jambi, serta pelajar. Yang menarik dalam upacara ini, selain mengenakan seragam Batik PGRI, sebagian peserta upacara turut mengenakan pakaian baju Teluk Belango dan Baju Kurung Melayu Kota Jambi.

Pada upacara tersebut, Ridwan membacakan amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, yang menegaskan pentingnya melanjutkan implementasi kurikulum Merdeka Belajar.

Kurikulum Merdeka Belajar tidak hanya bertujuan untuk meringankan beban murid dengan pengurangan materi, tetapi juga memberikan kebebasan kepada guru untuk mengembangkan kreativitas mereka dalam memberikan pelajaran yang menyenangkan.

Ridwan menekankan bahwa dunia pendidikan di Kota Jambi telah menunjukkan kemajuan dan prestasi yang signifikan. Kota Jambi mendapatkan penghargaan di tingkat nasional dan provinsi, menjadikannya sebagai contoh yang diikuti oleh daerah lain.

"Merdeka belajar seperti yang disampaikan menteri itu, sudah berjalan di Kota Jambi. Sehingga anak-anak bisa mandiri dan ini terbukti di Kota Jambi, banyak penghargaan di bidang pendidikan yang kita raih, pendidikan skala nasional, provinsi dan lain lain. Kita juga sering didatangi, menjadi studi tiru, khususnya di Pemerintah Kota Jambi," ujarnya.

Ridwan juga sampaikan, di bidang pendidikan Pemerintah Kota Jambi telah menunaikan amanat undang-undang untuk alokasi anggaran pendidikan minimal 20 persem.

"Untuk di bidang pendidikan, alokasi anggaran telah melampaui 20 persen. Untuk pendidikan, tahun ke depan terus ditingkatkan, karena mempengaruhi kualitas sumber daya manusia di kota ini," sebut Ridwan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi Mulyadi menambahkan bahwa Kota Jambi telah meraih berbagai prestasi dalam berbagai kegiatan pendidikan yang diikuti, bahkan hingga tingkat nasional.

Tidak hanya itu, dalam kesempatan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT 78 tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) tahun 2023 di Kota Jambi, turut pula diserahkan donasi untuk Palestina yang berasal dari jajaran satuan pendidikan yang ada di Kota Jambi. Donasi yang berhasil dikumpulkan berjumlah Rp. 217.657.300,-. 

Donasi kemanusiaan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Sekda Ridwan kepada Ketua Baznas Kota Jambi, untuk kemudian akan disalurkan kepada rakyat Palestina.

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023