Pemerintah Kota Jambi mematangkan langkah-langkah dalam menciptakan pemilu yang damai, aman dan situasi kondusif dengan memperkuat koordinasi antara sejumlah pelaksana pemilihan umum di daerah setempat.

Penjabat Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih di Jambi, Kamis, mengatakan guna merumuskan langkah-langkah untuk menciptakan suasana yang kondusif pihaknya melaksanakan rapat koordinasi mengingat pelaksanaan Pemilu 2024 sudah semakin dekat.

"Sangat penting, mengingat hari pelaksanaan pemilu sudah semakin dekat dan merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai bagian dari penyelenggara negara untuk berkontribusi secara optimal sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing," katanya.

Sri menyampaikan bahwa tolak ukur kesuksesan koordinasi ini meliputi empat hal yaitu pelaksanaan pemilu berjalan aman, damai dan lancar sesuai ketentuan yang mengaturnya dan menjadi perhatian para pemangku kebijakan.

Dari koordinasi ini harus memastikan seluruh warga memiliki hak pilih dan dapat mengikuti pemilu.  Dari forum koordinasi ini dapat memformulasikan strategi pencegahan dini yang mampu mendeteksi potensi kerawanan yang dapat menimbulkan konflik dan merusak persatuan yang dapat menimbulkan destruksi..

"Kita harus dapat memastikan penyelenggaraan pemilu di Kota Jambi berjalan dengan baik sesuai perundang-undangan," katanya.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Jambi Raden Jufri dalam laporannya mengatakan pelaksanaan rapat koordinasi Pemilu 2024 yang diselenggarakan pemerintah setempat dimaksudkan untuk memastikan proses pemilu serentak berjalan dengan baik, aman dan lancar. 

Oleh karenanya, menurut dia perlu dilakukan koordinasi untuk mendapatkan masukan dari pemangku kebijakan.

"Rakor ini dilaksanakan untuk memantapkan dan mendapatkan masukan tentang kesiapan pemilu Presiden, Legislatif, dan Pilkada serentak, baik dari segi aspek penyelenggaraan, hukum maupun keamanan," katanya.

Koordinasi antar pelaksana pemilu juga bertujuan menyatukan persepsi dan langkah dalam mengantisipasi kerawanan pelaksanaan pemilu serta guna menjamin terwujudnya stabilitas politik, hukum dan keamanan selama tahapan Pemilu 2024.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023