Pemerintah Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, memastikan stok beras cukup hingga akhir tahun 2023 setelah meninjau ketersediaan di Bulog setempat.

"Stok beras di Bulog Jambi untuk kebutuhan masyarakat di Kabupaten Batanghari cukup," kata Analisis Ketahanan Pengan Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Batanghari di Jambi, Minggu.

Ia menyebut jika kebutuhan masyarakat di daerah setempat sebanyak 2.200 ton per bulan sedangkan stok beras yang tersedia di Bulog saat ini mencapai 2.400 ton khusus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Batanghari.

Selain beras yang masih mencukupi, ia juga memastikan bahwa pasokan beras yang masuk ke daerah itu juga tidak berhenti. Pasokan beras saat ini juga didukung oleh produksi dari petani di Kabupaten Batanghari.

Pihaknya memperkirakan dengan stok beras yang ada ditambah pasokan dari petani lokal maka ketersediaan beras di daerah itu bisa mencapai 4.400 ton.

"Diperkirakan cukup dengan dibantu dari pedagang kita, petani dan juga stok di Bulog sebanyak 4.400 ton," kata dia.

Ia juga mengatakan bahwa saat ini harga beras yang dijual di pasar di Kabupaten masih cukup stabil.

Sebelumnya Bupati Batanghari M Fadhil Arief menyebutkan jika daerahnya memiliki potensi produksi beras yang cukup besar. Selain mampu memenuhi kebutuhan masyarakat setempat, hasil beras petani lokal bahkan juga mampu memenuhi kebutuhan kabupaten tetangga.

Saat perjanjian kerja sama dengan Pemkot Jambi beberapa waktu lalu, Fadhil juga mengatakan bahwa pihaknya siap menyuplai kebutuhan beras ke Kota Jambi.
 
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023