Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi menjamin distribusi sembako bagi daerah setempat lancar meski musibah banjir melanda beberapa kabupaten yang menjadi sentra produksi pangan.

Penjabat Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih di Jambi, Senin, mengatakan meski saat ini di beberapa wilayah di Provinsi Jambi terdampak banjir, namun tidak mempengaruhi stok dan harga pangan di Kota Jambi.

"Sampai saat ini harga pangan di Kota Jambi tidak ada gejolak," kata dia.

Ia menjelaskan Kota Jambi memiliki beberapa jalur distribusi bahan pangan dan suplai dari beberapa daerah baik dari kabupaten di Jambi maupun luar provinsi.

Adapun jalur distribusi pangan itu meliputi dari Bengkulu, Sumatera Selatan, Kerinci dan Sumatera Barat.

Sri mengakui jalur distribusi pangan dari Sumatera Barat saat ini memang mengalami kendala lantaran banjir yang terjadi di Kabupaten Kerinci dan Kabupaten Bungo.

Pada jalur distribusi lainnya yang berasal dari Sumatera Selatan dan Bengkulu relatif aman. Pemkot Jambi juga memantau perkembangan harga dan stok barang dalam beberapa hari belakangan tidak mengalami gejolak.

"Yang terdampak banjir itu hanya dari jalur Kerinci dan Sumatera Barat," kata dia.

Sri menyebutkan dalam menjamin ketersediaan sembako, Pemkot Jambi memanggil sejumlah agen bahan pokok. Direncanakan dialog bersama agen sembako itu dilakukan pada Selasa (15/1).

Selain itu, ia juga meningkatkan koordinasi dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) membahas langkah-langkah nyata antisipasi inflasi di Kota Jambi.

"Kami siap lakukan langkah mitigasi jika terjadi lonjakan harga pangan karena banjir di beberapa daerah ini," kata dia.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024