Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi menyalurkan bantuan sembako bagi korban banjir guna meringankan beban warga yang terdampak di daerah setempat.

Penjabat Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih di Jambi, Selasa, mengatakan pemberian bantuan ini dilakukan setelah Pemkot Jambi mendapatkan data yang valid mengenai jumlah warga yang terdampak banjir.

Pendataan itu, kata Sri, dilakukan agar tidak ada pemberian bantuan yang tumpang tindih.

Berdasarkan data yang sudah diidentifikasi dan verifikasi oleh Pemkot Jambi bahwa terdapat delapan kecamatan di daerah setempat yang terkena banjir.

Pemkot Jambi mencatat terdapat 576 kepala keluarga (KK) yang terdampak banjir dengan total 2.173 jiwa.

"Bantuan bertahap sudah disalurkan ke beberapa kelurahan diantaranya Kelurahan Penyengat Rendah, Kecamatan Telanaipura, Kelurahan Legok dan Kelurahan Sungai Putri, Kecamatan Danau Sipin, Kelurahan Sijinjang,Kecamatan Jambi Timur.

Pemkot Jambi juga menyediakan tenda darurat untuk mengakomodir warga terdampak banjir yang rumahnya sudah tidak bisa ditempati karena genangan air yang tinggi.

"160 KK ini rumahnya sudah terendam banjir yang cukup tinggi sehingga tidak bisa ditempati lagi kami buatkan tenda darurat dan tim siaga disini," kata dia.

Sri menegaskan bahwa saat ini status banjir di Kota Jambi masuk siaga dua. Dia berharap agar ketinggian air menurun sehingga rumah warga tidak terendam lagi.

Meski banjir sudah rutin terjadi di beberapa lokasi terutama bantaran Sungai Batanghari, Sri mengingatkan warga agar tetap siaga.

"Saya himbau warga dan petugas walaupun bencana ini sudah rutin setiap tahunnya namun kami harus tetap siaga," kata dia.



 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024