Ombudsman meminta Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) IV Jambi segera memperbaiki jalan nasional yang mengalami kerusakan akibat banjir di beberapa kabupaten di Provinsi Jambi.

"Kami setelah menerima laporan dari warga bahwa banyak jalan nasional di Jambi mengalami kerusakan meminta BPJN segera memperbaikinya," kata kepala Perwakilan Ombudsman RI Jambi Saiful Roswandi saat mengunjungi kantor BPJN setempat, Senin.

Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jambi melakukan kunjungan kerja ke Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Jambi dalam rangkaian pengawasan terhadap pelayanan terkait infrastruktur jalan nasional yang ada di daerah ini.

Dalam kunjungan itu Saiful Roswandi bertemu secara khusus dengan Kepala BPJN IV Jambi Ibnu Kurniawan berserta stafnya, Ombudsman membahas  program BPJN terhadap kondisi jalan nasional, karena saat ini ada beberapa ruas jalan nasional yang mengalami kerusakan akibat banjir.

"Kita ingin melihat seperti apa penanganan terhadap jalan yang rusak di Jambi serta seperti apa koordinasi dengan pemerintah daerah," kata Saiful.

Dari keterangan BPJN Jambi, saat ini panjang jalan nasional yang ada di Provinsi Jambi mencapai 1.308 kilometer dan dari hasil laporan tim di lapangan ada jumlah sekitar 6.000 lubang muncul akibat cuaca ekstrem sehingga menyebabkan kenyamanan pengendara menjadi terganggu.

"Kami minta agar kerusakan jalan akibat banjir ini bisa diatasi sebelum puncak arus mudik lebaran pada 2024," sebut Saiful.

Selain itu Ombudsman juga meminta BPJN agar koordinasi dengan pemerintah daerah terus ditingkatkan karena masih banyak jalan provinsi maupun kabupaten kota mengalami kerusakan akibat cuaca maupun kapasitas angkutan barang melebihi tonase.

"Pemerintah harus mengutamakan kebutuhan rakyat, dalam hal ini kondisi jalan sehingga masyarakat merasakan kehadiran negara di daerahnya," kata Saiful Roswandi.




 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024