SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd menggelar kegiatan sosialisasi dan edukasi mengenai Sumber Daya Alam minyak dan gas (migas) sebagai implementasi kurikulum merdeka di SMPN 12 Tanjung Jabung Timur, Jambi, Kamis (29/2).

Kegiatan ini untuk mendukung program pemerintah dalam memajukan mutu pendidikan, kegiatan tersebut dilaksanakan di SMPN 12 Kota Baru Kecamatan Geragai yang merupakan salah satu sekolah unggulan yang ada di Kabupaten Tanjungjabung Timur dengan akreditasi A.

SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, melaksanakan sosialisasi dan memberikan edukasi sebagai kegiatan implementasi kurikulum Merdeka pada peserta didik SMP Negeri 12 Tanjung Jabung Timur, dengan tema sosialisasi mengenal sumber daya alam minyak dan gas.

Kegiatan tersebut dihadiri, Kanuga Winarga Drilling Superintendent PetroChina International Jabung Ltd, Fahmi Fabian Geophysical Superintendent PetroChina, Ahmad Ramadlan Comdev Supervisor PetroChina, Mulyono Eko dan Resmanudin Staff Comdev PetroChina, Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Tanjab Timur Joko Purnomo, Koordinator wilayah Geragai Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjab Timur Feri, Kepala Sekolah SMPN 12 Kota Baru Muhammad Nur.

Kepala Sekolah SMPN 21 Hendri Darmanto serta tim seismik PetroChina Akhmad Suhendro selaku humas QC Supervisor dan Bayu Saputra Sr.Recording Qc serta beberapa kepala sekolah dan perwakilan guru SMP di Kabupaten Tanjab Timur.
 
Kegiatan sosialisasi yang dilakukan Petrochina kepada pelajar di Tanjabtim.(ANTARA/Agus)

Perwakilan PetroChina Ahmad Ramadlan selaku Comdev Supervisor mengatakan, kekayaan alam Tanjung Jabung Timur sangat melimpah sehingga sebagai kontraktor kerja sama di bawah naungan SKK Migas yang mengelola kekayaan alam khususnya minyak dan gas, PetroChina terus melakukan sosialisasi ke masyarakat.

Kali ini sosialisasi mengenai industri hulu migas ditujukan ke siswa SMPN 12 Tanjab Timur karena para pelajar ini merupakan generasi penerus bangsa yang diharapkan dapat menularkan pengalaman ini kepada yang lain.

Saat ini PetroChina sedang melakukan eksplorasi atau seismik di lima kecamatan (Kuala Jambi,Geragai,Dendang, Sabak Barat dan Sabak Timur).

Kegiatan ini untuk mencari data mengenai potensi alam yang ada di Tanjung Jabung Timur yang lokasinya tidak jauh dari SMPN 12. Saat ini didirikan camp untuk para pekerja seismik.

"Mungkin masyarakat banyak yang melihat aktifitas para pekerja, sosialisasi ini diharapkan dapat memberi pemahaman kepada masyarakat," kata Ahmad Ramadlan.

Ramdlan mengatakan kegiatan ini sangat baik. Selain siswa SMPN 12 ada juga siswa dari sekolah lain, guru, beberapa kepala sekolah SMP, koordinator wilayah Geragai dan kepala bidang SMP Dinas Pendidikan Tanjung Jabung Timur.

"Rencananya kegiatan ini akan ditularkan ke sekolah lain di kecamatan yang menjadi lokasi eksplorasi," kata Ramadlan selaku Comdev Supervisor PetroChina.

Kegiatan seismik yang merupakan salah satu tahapan dalam eksplorasi ini dilakukan sebagai upaya pengumpulan dan melengkapi data di Provinsi Jambi khususnya di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

PetroChina sudah melakukan pengeboran minyak dan sudah mendapatkan hasil untuk proses pengembangannya perlu dilakukan studi (seismik).

"Dalam kegiatan seismik tenaga kerja lokal dari Tanjabtim juga di libatkan," kata Ahmad Ramadlan.

Pemaparan lain dari tim eksplorasi yang di wakili Kanuga Winarga selaku driling superintendent mengatakan PetroChina akan terus mengembangkan potensi migas di wilayah kerjanya.

SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd memberikan edukasi melalui siswa siswi dan para guru sebagai upaya berbagi pengetahuan tentang sesimik. Apalagi basecamp pekerja eksplorasi migas tidak jauh dari SMPN 12 Tanjung Jabung Timur.

Kegiatan ini merupakan bentuk sosialisasi dengan harapan siswa dan guru bisa menularkan kepada masyarakat luas terkait kegiatan eksplorasi minyak dan gas yang sedang dilakukan PetroChina.

"Diharapkan mereka menjadi agen kita untuk memberikan informasi kepada masyarakat," kata Kanuga Winarga.

PetroChina mengamati masyarakat cukup antusias dengan kegiatan eksplorasi yang dilakukan perusahaan yang apalagi kegiatan seismik ini melibatkan masyarakat sekitar.

"Selama ini kerja sama berjalan sangat baik, masyarakat menaruh perhatian tinggi terkait dengan kegiatan eksplorasi ini," tutup Kanuga selaku driling superintendent.




 

Pewarta: Nanang Mairiadi dan Agus Suprayitno

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024