SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjungjabung Timur, Jambi, melaksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi sebagai implementasi kurikulum merdeka di SMPN 12 Kota Baru Kecamatan Geragai, Kamis (29/2).

Kegiatan ini direspon positif oleh guru, siswa dan siswi di sekolah tersebut.

Kepala Sekolah SMPN 12 Muhammad Nur mengatakan kurikulum merdeka memberikan ruang pengembangan karakter para siswa yang bermuara pada peningkatan mutu pendidikan.

Dalam sosialisasi yang dilaksanakan PetroChina bersama tim seismiknya ini diharapkan para siswa mampu memahami materi yang disampaikan dan menularkan kepada masyarakat luas mengenai proses eksplorasi mencari sumber minyak dan gas baru.

"Mereka dapat pengetahuan terkait sumber daya alam di Tanjabtim dan mereka bisa memanfaatkannya," kata Muhammad Nur.

Di dalam kurikulum merdeka sudah ada proyek upaya pengembangan lingkungan di SMPN 12 ini berupa pengembangan pupuk untuk bercocok tanam.

"Siswa kami sudah mengembangkan program seperti pengelolaan pupuk dengan memanfaatkan lingkungan yang ada di sekolah," kata Muhamad Nur.

Rendi Silalahi, siswa kelas 9A SMPN 12 yang mengikuti sosialisasi tentang eksplorasi sumber minyak dan gas mengaku gembira karena banyak ilmu yang di terima terkait proses pencarian sumber migas baru khususnya di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada PetroChina yang sudah hadir memberikan sosialisasi dan pengenalan tentang sumber daya alam," kata Rendi.

Perusahaan PetroChina sudah dikenal luas, yang mana namanya tidak asing lagi bagi pelajar di Tanjabtim khususnya di SMPN 12. Sosialisasi ini diharapkan bisa menambah wawasan. "Kami bersyukur PetroChina datang ke sekolah kami dan memberikan pencerahan tentang sumber daya alam khusus nya minyak dan gas," ujar Rendi.

Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjung Jabung Timur Joko Purnomo saat hadir dalam acara sosialisasi ini menyampaikan, pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan mengapresiasi langkah langkah inspiratif PetroChina.

Kegiatan ini diperlukan untuk menambah ilmu pengetahuan siswa tentang sumber daya alam minyak dan gas mulai dari tahap pencarian atau eksplorasi, produksi hingga ke tahap pemanfaatannya untuk masyarakat.

"Ini sebagai implementasi kurikulum merdeka dimana kita bisa menggali kearifan lokal terutama terkait sumber daya alam yang tersedia di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Minimal untuk menjadi salah satu alternatif pilihan jurusan sekolah bagi pelajar kedepannya dalam menentukan pilihan sekolah lanjutan," kat Joko Purnomo, Kabid Pembinaan SMP.

Kegiatan ini merupakan salah satu media yang akan digunakan oleh sekolah dalam bimbingan bakat dan asesmen untuk peserta didik.

"Sangat disayangkan ketika tidak mengetahui kearifan lokal yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur sementara hal itu merupakan peluang kerja dan peluang masa depan," kata Joko Purnomo.

Kegiatan Sosialisasi tersebut dihadiri oleh, Kanuga Winarga Drilling Superintendent PetroChina International Jabung Ltd, Fahmi Fabian Geophysical Superintendent PetroChina, Ahmad Ramadlan Comdev Supervisor PetroChina, Mulyono Eko dan Resmanudin Staff Comdev PetroChina, Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Tanjab Timur Joko Purnomo, Koordinator wilayah Geragai Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjab Timur Peri, Kepala Sekolah SMPN 12 Kota Baru Muhammad Nur.

Kepala Sekolah SMPN 21 Hendri Darmanto, serta tim seismik PetroChina Akhmad Suhendro selaku humas QC Supervisor dan Bayu Saputra Sr.Recording Qc serta beberapa kepala sekolah dan perwakilan guru SMP dikabupaten Tanjab Timur.
Perwakilan dari SKK Migas PetroChina saat memberikan keterangan kepada media.(ANTARA/Agus)

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024