Pemerintah Kabupaten Batanghari, Jambi, memastikan ketersediaan gas elpiji di bulan Ramadhan sampai Idul Fitri 1445 H aman, guna untuk memenuhi peningkatan permintaan masyarakat.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Batanghari Agus Rachmad di Muara Bulian, Kamis, mengatakan ketersediaan gas bersubsidi 3 kg di tahun ini sebanyak 9.873 metrik ton atau 3.291.000 tabung yang disediakan untuk satu tahun. 

Untuk ketersediaan gas elpiji di bulan Ramadhan sebanyak 4.480 tabung, yang mana semuanya sudah dilakukan penyaluran di setiap Kecamatan di Kabupaten Batanghari.

Sedangkan, penambahan untuk hari raya Idul Fitri pihaknya sudah mengajukan kembali ke Pertamina dan meminta tambahan dengan kuota yang sudah diajukan.

"Penambahan gas elpiji tersebut tidak mengurangi pasokan kuota tahunan 2024," katanya.

Penyaluran gas elpiji tambahan tersebut akan dilakukan sesuai peningkatan permintaan menjelang Ramadhan hingga Idul Fitri, yang didistribusikan bertahap agar pasokan normal sehingga tidak ada gejolak.

Selain itu, penambahan gas elpiji tersebut sebesar 10 sampai 15 persen, yang merupakan upaya pemerintah sebagai bentuk untuk menjamin ketersediaan gas, agar masyarakat tidak kesulitan mendapatkannya.

Kebutuhan gas elpiji ini nantinya di adakan saat operasi pasar atau lima hari menjelang hari raya Idul Fitri, dan sistem penyediaannya akan dilakukan di beberapa titik tertentu serta masyarakat dapat menukarkan tabung gasnya.

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024