Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jambi Putut Riyatno menyebutkan indeks Pembangunan Keluarga (iBangga) Kota Jambi mencapai 66.48 melebihi capaian indeks secara nasional sebesar 61.

"Kota Jambi tren kenaikannya lebih tinggi dari pada daerah lain yang ada di Provinsi Jambi, di mana indeksnya 66.48," kata Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jambi Putut Riyatno di Jambi, Kamis.   

Putut menjelaskan dengan capaian iBangga tersebut, BKKBN Provinsi Jambi melakukan penilaian kepada Kota Jambi untuk menjadi wakil bagi Provinsi Jambi pada ajang iBangga Award.

Selain Kota Jambi, BKKBN juga menilai dua kabupaten lainnya yaitu Muaro Jambi dan Batanghari.

Dari hasil penilaian secara profil dan survei, pihaknya melihat bahwa Kota Jambi memiliki indeks yang lebih tinggi dari dua kabupaten lainnya. Untuk itu, Kota Jambi selanjutnya dipersiapkan untuk mewakili Provinsi Jambi pada ajang iBangga Award nasional.

Putut menyebutkan ada beberapa indikator penilaian pembangunan keluarga, meliputi dimensi ketentraman, kemandirian dan kebahagiaan.  

Capaian iBangga Kota Jambi sebesar 66.48 ini juga melampaui capaian iBangga Provinsi Jambi yakni mencapai 51.

"66,48 ini angka cukup baik untuk kategori ini, Kota Jambi mewakili Provinsi Jambi tingkat nasional dalam rangka hari keluarga nasional untuk jadwal menunggu dari pusat," kata dia.

Penjabat Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih menyambut antusias penilaian tersebut.

"Saya sudah memaparkan aspek terkait pembangunan keluarga di Kota Jambi, indeks Bangga kita lebih tinggi dibandingkan provinsi dan nasional," katanya.

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024