Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi menyeleksi 422 orang pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk menjadi calon anggota paskibraka 2024.

Penjabat Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih di Jambi, Senin, mengatakan dari 444 peserta yang mendaftar menjadi calon paskibaraka, yang lolos administrasi sebanyak 422 orang.

"Secara administrasi mereka sudah lolos," kata dia.

Selanjutnya 422 pelajar ini akan mengikuti tes yang dilakukan oleh panitia meliputi tes inteligensi umum dan lainnya.

Dari ratusan pelajar SMA yang mengikuti seleksi itu, akan terpilih 56 personel paskibraka yang terdiri dari 28 putra dan 28 putri.

"Ini persaingan berat tetapi saya pikir ruang berkompetisi terbuka luas maka tetap fokus tunjukkan potensi diri," kata dia.

Sri menegaskan bahwa paskibraka menjadi kunci kesuksesan pelaksanaan upacara pengibaran bendera saat 17 Agustus mendatang baik ditingkatkan nasional maupun tingkatan pemerintahan daerah hingga ke level desa.

Oleh karena itu, kata Sri, dibutuhkan anggota paskibkara yang memiliki kemampuan dan kekuatan fisik yang baik.

Kepada tim seleksi, Sri meminta komitmen dalam menjalankan proses seleksi dengan profesional.

Dia meminta kepada jajaran Pemkot Jambi yang terlibat agar menjaga kredibilitas tim seleksi dan melalui setiap tahapan dengan baik agar yang terpilih adalah putra-putri terbaik daerah.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Jambi Raden Jufri mengatakan proses seleksi dilakukan pada beberapa tahapan meliputi seleksi pembinaan ideologi pancasila dan tes inteligensi umum.

Proses seleksi ini bertujuan untuk menciptakan generasi yang berkarakter pancasila serta memperkuat keterampilan dan kecintaan terhadap tanah air.*

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024