Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jambi menyosialisasikan program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) ke Universitas Jambi untuk mencari calon-calon delegasi Jambi pada ajang internasional tersebut.
 
Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Jambi Muhammad Arif Apriyanto di Jambi, Kamis, mengatakan harapannya agar pemuda bisa bersemangat dan bersaing secara positif dan bisa membawa nama Provinsi Jambi ke tingkat internasional.
 
“Ini merupakan program unggulan di bawah Kemenpora, jadi diharapkan para pemuda bisa bersaing dan berkompetisi secara positif dan bisa membawa nama Jambi ke tingkat internasional,” kata Arif.
 
Adapun persyaratan bergabung dalam seleksi PPAN meliputi pemuda yang sedang melakukan kegiatan pengembangan pemuda atau masyarakat yang dibuktikan dengan laporan tertulis dengan melampirkan bukti dokumentasi dalam bentuk foto, unggahan media sosial, atau liputan media.
 
Pemuda yang dapat mengikuti seleksi PPAN ini berusia 20 sampai 30 tahun serta memiliki pengetahuan yang luas mengenai isu-isu nasional dan internasional. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan Dispora bersama Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI).
 
PPAN merupakan program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Deputi bidang Pengembangan Pemuda, bersinergi dengan pemerintah daerah dan negara-negara mitra kerja sama penyelenggaraan PPAN.
 
PPAN menjadi ajang untuk menggali dan mengembangkan potensi pemuda di daerah sekaligus potensi pemuda nasional melalui kerja sama internasional. Adapun negara-negara tujuannya yaitu China, India, Singapura, Australia, Kanada, Korea, Jepang dan Malaysia.
 
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unja Teja Kaswari mengungkapkan bahwa ini merupakan program yang baik bagi para pemuda untuk bertukar pikiran dan mengasah kemampuan.
 
“Ini merupakan program yang baik bagi para pemuda untuk bertukar pikiran dan mengasah kemampuan dengan pemuda luar negeri, dan tentunya Unja mendukung penuh kegiatan ini,” kata Teja.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024