Dinas Kominfo Provinsi Jambi menyusun strategi untuk meningkatkan indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) 2024.

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi Ariansyah di Jambi, Kamis, mengatakan pihaknya telah menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama tenaga ahli dari salah satu universitas di Kota Jambi untuk mengupayakan peningkatan Indeks Provinsi Jambi 2024.



Berdasarkan Keputusan Menteri PAN-RB RI Nomor 13 Tahun 2024 tentang Hasil Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Provinsi Jambi memperoleh indeks sebesar 3,31 atau masuk kategori baik.

Ariansyah mengatakan pencapaian pada 2023,  mengalami peningkatan signifikan dari tahun sebelumnya sebesar 2,19 atau kategori cukup.

“Indeks SPBE Provinsi Jambi berada pada peringkat keempat pada penilaian indeks SPBE Provinsi se-Sumatera,” katanya.

Dia menyebutkan dalam FGD dibahas langkah-langkah percepatan untuk mendongkrak nilai SPBE selama 2024, dimana penilaian SPBE berdasarkan empat domain yaitu, domain kebijakan, domain manajemen, domain tata kelola dan domain layanan.

Dari keempat domain ini, terdiri atas 47 indikator yang harus dilengkapi data dukungnya tersebar pada organisasi perangkat daerah dalam Provinsi Jambi, untuk itu peran OPD menentukan dalam upaya peningkatan indeks SPBE Provinsi Jambi.



Dalam persiapan penilaian tahun ini, kata dia, pihaknya akan melakukan pertemuan lebih lanjut guna membahas tanggung jawab penyediaan data dukung SPBE oleh masing-masing OPD di provinsi itu.

“Dengan demikian, jika data dukung telah disediakan oleh OPD terkait dapat meningkatkan indeks SPBE Provinsi Jambi menjadi sangat baik,” katanya.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024