Pemerintah Kota Jambi menurunkan 40 petugas dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan untuk memastikan kesehatan ribuan hewan kurban menjelang Idul Adha.

Penjabat Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih di Jambi, Kamis, mengatakan dirinya sudah menyerahkan surat tugas dan peralatan pemeriksaan kepada para dokter hewan untuk memeriksa hewan kurban di Kota Jambi.

Selain dokter hewan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan juga melibatkan mahasiswa peternakan Universitas Jambi untuk ikut memeriksa kesehatan dan kelayakan hewan kurban di sejumlah lokasi penjualan.

"Didukung juga oleh tim dinas pertanian, sehingga 40 orang ini akan melakukan pengecekan ke lapangan mulai memastikan hewan kurban yang akan dikonsumsi sehat, tidak ada penyakitnya ," kata Sri.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi Evridal Asri mengatakan jumlah kebutuhan hewan kurban di Kota Jambi mencapai 3.944 ekor.

Sementara itu, hingga saat ini jumlah hewan kurban yang tersedia mencapai 3.700 ekor lebih

Ia menyebutkan terdapat kekurangan lebih kurang 200 ekor hewan kurban. Untuk itu, pihaknya berkoordinasi dengan dengan pedagang hewan kurban untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban tersebut.

"Saat ini sedang dalam proses pengiriman 200 ekor hewan kurban untuk memenuhi permintaan masyarakat Kota Jambi," kata dia.

Pihaknya memastikan 3.944 hewan kurban akan tersedia pada hari Idul Adha nanti, sehingga masyarakat dapat menjalankan ibadah kurban.

Adapun pengiriman hewan kurban itu dari berbagai daerah meliputi Lampung, Sumatera Selatan, dan dari Kabupaten/kota di Provinsi Jambi.






 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024