Wakil Gubernur Jambi  Abdullah Sani memberikan santunan kepada 175 Anak yatim piatu se-Kecamatan Betara, Tanjung Jabung Barat, Selasa, dalam rangka menyemarakkan peringatan tahun baru Islam 1 Muharam 1446 H.

Wagub mengatakan Muharam merupakan bulan yang istimewa karena menjadi bulan awal dalam sistem penanggalan Hijriah. Oleh karena itu, tidak heran jika bulan ini memiliki banyak keistimewaan. 

“Merayakan tahun baru hijriah bukanlah sekadar momen untuk mengganti angka tahun dalam kalender, tetapi merupakan kesempatan berharga bagi kita untuk merenung dan merefleksikan diri,” kata Wagub.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub juga mengajak jamaah untuk memperbanyak amal ibadah diantaranya yaitu berpuasa. Menurut Wagub puasa Muharam dapat dilakukan dengan beberapa pilihan. Pertama, berpuasa tiga hari, sehari sebelumnya dan sehari sesudahnya, yaitu puasa pada 9, 10, dan 11 Muharam. 

Kedua, berpuasa pada hari itu dan satu hari sesudah atau sebelumnya, yaitu puasa tanggal 9 dan 10, atau 10 dan 11. Ketiga, puasa pada tanggal 10 saja.

“Mudah-mudahan Allah panjangkan umur kita menjadi yang terbaik yang diisi dengan kebaikan amal-amalan, bukan Allah panjangkan umur kita yang diisi dengan keburukan,” katanya.

Camat Betara Nasrun mengatakan memasuki bulan Muharram ini sebaiknya diisi dengan menginstrospeksi diri dan memperbanyak sedekah kepada anak yatim piatu.

“Memasuki bulan Muharam, mari kita memperbanyak muhasabah diri kemudian juga memperbanyak santunan anak yatim. Mudah-mudahan bulan ini menjadi bulan penuh berkah bagi kita semua,” kata Nasrun.

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024