Pemerintah Kota Jambi menggiatkan gotong royong sebagai agenda rutin membersihkan lingkungan sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat menjaga kebersihan dan kesehatan.

Sekretaris Daerah Kota Jambi A Ridwan di Jambi, Jumat, mengatakan Pemkot Jambi saat ini telah membuat agenda rutin pelaksanaan gotong royong yang dimulai dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

"Setelah sempat vakum, kegiatan gotong royong ini akan kita mulai kembali sebagai agenda rutin. Untuk camat dan lurah juga sudah kita perintahkan agar turun ke lapangan mengawasi tempat-tempat pembuangan sampah di wilayah masing-masing," kata Sekda. 

Kegiatan bersih-bersih Pemerintah Kota Jambi juga dilaksanakan bersama TNI dan Polri.

Pada hari pertama agenda gotong royong  diselenggarakan di kawasan  Jalan Lintas Timur Auduri 1 Kelurahan Penyengat Rendah dan Kelurahan Teluk Kenali, Kecamatan Telanaipura.

Sekda menegaskan semangat gotong royong itu kembali disuarakan demi mewujudkan Kota Jambi yang bersih.

Ia mengatakan selain sebagai gerakan moral yang mengkampanyekan pentingnya kebersihan, kegiatan gotong royong itu juga membawa pesan perlunya membangun sinergi dan kebersamaan menjaga lingkungan.

"Gotong royong ini selain merupakan gerakan moral untuk menyadarkan masyarakat agar tidak sembarangan membuang sampah. Juga membawa pesan spirit kebersamaan, dimana penanganan sampah ini tidak semata-mata menjadi tanggung jawab dari Dinas Lingkungan Hidup dan Pemerintah semata, namun tugas kita semua," kata Sekda. 

Dengan personel yang sangat terbatas, maka semua komponen dan komunitas harus ikut peduli terhadap kebersihan.

Ridwan juga mengingatkan agar masyarakat dapat terus meningkatkan kesadaran dengan tidak membuang sampah secara sembarangan. Warga diminta mengikuti aturan buang sampah dari jam 18.00  WIB sampai jam 06.00 pagi. 

Setelah memimpin apel, Sekda A. Ridwan langsung turun meninjau pelaksanaan gotong royong diberbagai titik di kawasan tersebut. 

Dia menegaskan bahwa kebersihan Kota Jambi menjadi tanggung jawab seluruh elemen mulai dari masyarakat hingga pimpinan.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024