Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin (STS) Jambi menyiapkan beasiswa bagi mahasiswa disabilitas sebagai salah satu komitmen mewujudkan kampus inklusif.

Rektor UIN STS Jambi Prof Asad Isma di Jambi, Rabu, mengatakan pihaknya berencana memberikan beasiswa KIP bagi mahasiswa difabel.

Terkait hal ini, dia telah berkoordinasi dengan Wakil Rektor I dan Kepala Biro AAKK untuk memberikan beasiswa KIP guna mendukung studi mahasiswa difabel tersebut.

"Ini merupakan langkah nyata UIN Jambi dalam mendukung pendidikan inklusif,” kata Rektor.

UIN STS Jambi juga telah berdialog dengan orang tua calon mahasiswa jalur difabel guna membahas program perkuliahan bagi mahasiswa disabilitas.

Rektor menegaskan bahwa orang tua memiliki peran penting bagi calon mahasiswa untuk bersemangat menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Dia juga memastikan bahwa UIN Jambi akan menyediakan lingkungan belajar yang ramah bagi disabilitas. Selain itu, kampus juga memberikan fasilitas yang memadai bagi mahasiswa disabilitas. Program ini diberikan sebagai bentuk komitmen UIN Jambi menyediakan pendidikan yang setara bagi seluruh mahasiswa.

Kabag Akademik UIN STS Jambi Saparuddin menyebutkan terdapat sembilan calon mahasiswa difabel yang mengikuti tes wawancara. Tes ini dibutuhkan untuk mengetahui bakat dan minat mahasiswa.

Koordinator Pusat Gender, Anak, dan Disabilitas UIN STS Jambi Nisaul Fadilah mengatakan saat ini terdapat 17 mahasiswa difabel yang kuliah di kampus tersebut. Tiga diantara mahasiswa itu telah lulus pada wisuda S1 pertengahan Juli lalu.

Ia menegaskan bahwa UIN Jambi siap menyediakan aksesibilitas yang lebih baik di lingkungan kampus termasuk menyediakan fasilitas pendukung bagi mahasiswa berkebutuhan khusus.*

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024