Korem 042/Gapu menyiapkan 2.597 personel untuk pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Provinsi Jambi.

"Dihadapkan dengan potensi kerawanan Pilkada serentak di Provinsi Jambi, kami (Korem 042/Gapu dan jajarannya) telah menyiapkan 2.597 personel, berikut perlengkapannya untuk mengamankan Pilkada Serentak tahun ini," kata Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Rachmad di Jambi, Rabu.

Rachmad mengatakan pentahapan Pilkada Serentak 2024 di Provinsi Jambi saat ini sudah berjalan aman, lancar, dan sesuai tahapan Pilkada yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi Jambi dan jajarannya.

Menurutnya, kerawanan Pilkada yang berpotensi timbul pada 2024 ini seperti adanya aksi unjuk rasa, bentrok antar pendukung, perusakan fasilitas umum, serta masalah-masalah lainnya.

Potensi kerawanan Pilkada karena dipicu berbagai hal, seperti terlambatnya pengiriman kotak suara, daftar pemilih yang tidak sesuai, isu-isu suku agama ras dan antargolongan (SARA), bencana alam dan lainnya.

Dia menegaskan Korem 042/Gapu dan jajarannya siap mendukung pelaksanaan Pilkada di Provinsi Jambi dan memastikan netralitas seluruh prajurit TNI dan ASN.

"Apabila ada prajurit dan PNS TNI AD yang terbukti melanggar ketentuan, akan ditindak tegas sesuai hukum yang berlaku di lingkungan TNI AD," katanya.

Pada kesempatan itu, jenderal bintang satu ini juga mengajak semua pihak untuk memperkuat sinergisitas dan kerja sama yang kokoh dalam mendukung penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 di Provinsi Jambi yang damai, nyaman, aman dan kondusif.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024