SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd terus bergerak dan mendorong terciptanya pendidikan yang inklusif, pendidikan yang dapat di jangkau oleh seluruh masyarakat dengan mendekatkan aksebilitas ke masyarakat. Salah satu gerakan yang di gagas oleh SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd adalah gerakan literasi, dengan di tandai launching cafe literasi dan festival literasi yang di laksanakan di perpustakaan Cendikia Kelurahan Pandan Jaya Kecamatan Geragai Tanjung Jabung Timur Jambi 29/8/2024.

Sugiarto,Field Admin Superintendent PetroChina saat hadir dalam kegiatan launching ini mewakili Field Manager mengatakan, dengan suasana yang penuh semangat sekaligus suka cita, hari ini kita berkumpul bersama para pemangku kepentingan dan komunitas yang memiliki visi misi sama untuk terus mendorong terciptanya pendidikan yang  berkembang.

Di era digital sekarang ini literasi semakin penting, kita di tuntut untuk mampu menyaring informasi yang begitu banyak dan cepat, dengan literasi di harapkan kita mampu mengambil keputusan yang tepat.
"Melalui Program Pengembangan Masyarakat (PPM) di bidang pendidikan PetroChina terus mendorong gerakan literasi di tengah masyarakat," kata Sugiarto".

Sugiarto menambahkan, khusus di Kabupaten Tanjung Jabung Timur PetroChina sudah pernah menyumbangkan satu unit mobil perpustakaan keliling yang ada di Dinas Perpustakaan Kabupaten, satu unit Perpustakaan roda tiga di Kecamatan Mendahara, membangun empat perpustakaan desa, masing masing di Kelurahan Simpang Tuan, Desa Pandan Lagan, Desa Pandan Makmur dan Kelurahan Pandan Jaya yang saat ini menjadi lokasi acara ini. Tahun ini PetroChina sedang membangun satu sanggar baca di Desa Pematang Rahim Kecamatan Mendahara Ulu.

Camat Geragai, Eduard Aidi, S.Km saat menyampaikan sambutannya. Dia mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya atas kontribusi dan sumbangsih yang telah diberikan oleh SKK Migas PetroChina di Kecamatan Geragai ini, kemudian dia meminta kepada masyarakat Kecamatan Geragai untuk dapat memanfaatkan sebaik-baiknya bantuan yang diberikan dan kesempatan ini, khususnya UMKM yang akan menopang peningkatan perekonomian untuk kesejahteraan seluruh masyarakat di Kecamatan Geragai.

"Kepada para pemuda di Kelurahan Pandan Jaya, saya minta untuk saling membimbing dan belajar di Cafe Literasi ini. Insya Allah dimasa yang akan datang, perekonomian kita di Geragai ini akan meningkat, sehingga masyarakat sejahtera," pintanya.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Bapak Dr. Adi Budiwiyanto, M.Hum menegaskan memberikan dukungan penuh Program SKK Migas PetroChina terhadap upaya pengembangan literasi ini. "Kami melihat bahwa upaya ini sangat penting untuk memperkuat kualitas dan ekosistem literasi di daerah ini. Kami siap untuk berkolaborasi dan mendukung berbagai kegiatan literasi yang dilaksanakan PetroChina di Kafe Literasi ini," ujarnya.

Secara keseluruhan, peluncuran Kafe Literasi dan Festival Literasi ini menandai langkah signifikan dalam meningkatkan akses dan kualitas pendidikan di Tanjung Jabung Timur. Dengan dukungan dari PetroChina dan berbagai pihak, diharapkan bahwa fasilitas ini akan menjadi model bagi daerah lain dan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat, terutama dalam meningkatkan budaya baca dan keterampilan literasi di kalangan generasi muda.

Sementara, Kabid PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjabtim, Halidi, S.Pd mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd yang telah banyak melaksanakan kegiatan terkait bagaimana meningkatkan kemampuan masyarakat dalam hal literasi.

"Tentunya literasi ini sangat positif sekali, dan menjadi kebanggaan bagi Kecamatan Geragai khususnya dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Cafe Literasi ini bukan saja tempat kumpul-kumpul, tapi bisa juga menjadi tempat belajar bagi anak-anak dan pemuda disini," sebutnya.

Ketua Forum Penggiat Literasi Jambi, Fajrin Nurpasca, S.P dalam sambutannya merasa kagum Cafe Literasi yang dibangun oleh PetroChina mendapat fasilitas semewah ini. Masyarakat harusnya bersyukur dengan adanya bantuan dari SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd ini. Dia mengajak masyarakat untuk memanfaatkan Cafe Literasi ini untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang positif, khusus literasi.

"Nanti akan ada kegiatan Bintang Budaya, Kelas Menulis fiksi dan non fiksi, Workshop Digital Marketing, Training Water & Barista, Kelas Mendongeng dan Read Aload serta Sayembara Literasi dan masih banyak lagi. Jangan sampai terlewatkan kegiatan literasi ini," tuturnya.

Forum Penggiat Literasi Jambi berharap rangkaian dari kegiatan Festival Literasi Geragai ini bisa bermanfaat bagi masyarakat secara umum, khususnya Kecamatan Geragai. Festival Literasi yang digelar di kabupaten/kota, dan puncaknya nanti pada Festival Literasi Jambi.

"Terima kasih kepada SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd dan semua pihak yang telah mensupport dan memberikan kesempatannya untuk berbagi ide," tutupnya.

Pewarta: Tuyani

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024