Pemerintah Kabupaten Batanghari, Jambi, menggelar kegiatan puncak Festival Literasi Batanghari tahun 2024 yang dibuka oleh Bupati Muhammad Fadhil Arief.

Adapun kegiatan tersebut mengusung tema dengan kegiatan festival literasi daerah ke-2 Kabupaten Batanghari untuk mewujudkan  Batanghari Super Tangguh. 

Ribuan peserta mengikuti kegiatan festival literasi tersebut yang terdiri dari tingkat SD, SMP, SMA dan Mahasiswa se-Kabupaten Batanghari serta bekerja sama dengan PT. Nyalanesia.

Bupati Kabupaten Batanghari Muhammad Fadhil Arief di Muara Bulian, Rabu, mengatakan festival literasi merupakan perayaan literasi dimana berkumpulnya semua pemangku kepentingan untuk berbagi pengalaman, informasi dan menjalin komunikasi.

"Kegiatan literasi ini merupakan bentuk sebagai upaya menjadikan budaya di Kabupaten Batanghari dalam pentingnya membaca dan berhitung," katanya.

Kegiatan literasi ini juga merupakan keterampilan kunci untuk masa depan karena memungkinkan seseorang untuk memahami, menganalisis, dan menggunakan informasi secara efektif. 

Dan juga festival literasi menjadi ajang bagi guru untuk berkarya dan menimbang ilmu, serta menjadi ajang bagi siswa untuk menuangkan gagasan dan unjuk karya. Namun, kegiatan Festival Literasi tersebut mempunyai rangkaian perlombaan, salah satunya penulisan puisi yang nantinya juga dibukukan oleh Nyalanesia.

Untuk itu, ia mengharapkan kepada siswa - siswi yang mengikuti festival ini dapat  mengembangkan budaya literasi. Dan juga, sebagai wujud apresiasi kepada sekolah, siswa dan guru yang mengikuti kegiatan tersebut.

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024