Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih mengharapkan para kontestan, tim kampanye, simpatisan pada Pilkada 2024 ikut berpartisipasi menciptakan suasana pilkada yang penuh dengan kegembiraan.

"Mari pesta demokrasi ini kita laksanakan dengan menyenangkan dan penuh kegembiraan hindari ujaran kebencian, kampanye hitam (black campaign) yang menimbulkan gesekan dan perpecahan," kata Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih di Jambi, Selasa.

Pada masa kampanye mulai 25 September sampai 23 November 2024, dia berharap pasangan calon fokus kepada penyampaian visi dan misi serta program andalan yang ditawarkan kepada konstituen Kota Jambi.

Sri juga mengingatkan agar kontestan tidak ikut menyebarkan ujaran kebencian, berita-berita yang tidak berdasar dan berpotensi menimbulkan gesekan dan berita bohong.

Sri mengajak kepada seluruh pihak yang terkait dalam pelaksanaan Pilkada Serentak Kota Jambi 2024 untuk menjaga suasana yang kondusif. Para calon kepala daerah, tim sukses dan simpatisan dapat berkampanye dengan santun, damai dan tidak menyebarkan kabar bohong atau hoaks.

"Masyarakat harus mendapatkan informasi yang sehat, berimbang dan memperkaya pengetahuan untuk memutuskan pilihan secara bebas dan rahasia," katanya.

Dia menegaskan agar calon kepala daerah bersaing untuk melontarkan dan menawarkan gagasan sebagai alternatif solusi yang ada dan akan ada di Kota Jambi pada masa mendatang seiring dengan kian kompleksnya permasalahan baik dalam aspek penyelenggaraan pelayanan publik dan pembangunan fasilitas umum.

Pasangan calon, kata dia, perlu terlibat aktif dalam mengajak dan mengimbau seluruh elemen pendukung untuk menciptakan kondisi yang sejuk, memungkinkan untuk terjadinya pertukaran ide, gagasan dan pemikiran yang bertujuan untuk kemaslahatan bersama.

"Saya mengimbau agar menggunakan berbagai platform kampanye dengan bijak dan penuh pertimbangan agar tidak menimbulkan mispersepsi di tengah masyarakat," katanya

Terkait kampanye, Sri mengingatkan agar pemasangan alat peraga kampanye harus mematuhi ketentuan yang ada dan jangan sampai merusak estetika dan mengganggu penggunaan fasilitas publik.

Dalam deklarasi pemilu damai, Sri mengatakan kesuksesan penyelenggaraan Pilkada 2024 bukan hanya menjadi tanggung jawab KPU Kota Jambi dan Bawaslu Kota Jambi, tetapi segenap jajaran Pemerintah Kota Jambi yang didukung oleh Kepolisian dan TNI akan turut memastikan perhelatan demokrasi ini berjalan dengan lancar dan aman.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024