Sebuah unggahan video di YouTube menarasikan bahwa Presiden Terpilih yang juga Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bersama dengan petinggi sejumlah partai lainnya yakni Partai NasDem, PKS, hingga PPP ikut meresmikan partai besutan politikus Anies Baswedan. 

Dalam thumbnail tersebut juga menampilkan foto Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Ahmad Syaikhu, Surya Paloh dan Sandiaga Uno berada dalam satu panggung.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“NASDEM, PPP, PKS, PRABOWO, MERAPAT RESMIKAN PARTAI PERUBAHAN ANIES”

Namun, benarkah Prabowo Subiantor dan petinggi partai lain ikut meresmikan partai baru Anies?

 
 
Unggahan video yang menarasikan Prabowo, NasDem dan PKS ikut resmikan Partai baru Anies Baswedan. Faktanya, narasi judul tidak sesuai dengan isi berita. (YouTube)
Penjelasan:

Menurut penelusuran ANTARA, video yang ditampilkan pada unggahan tersebut merupakan potongan video YouTube Refly Harun yang berjudul : “LIVE! SURAT BUAT ANIES (LAGI): NETRAL & SEGERA DEKLARASI PARTAI! SETUJU?!".

Pada postingan tersebut pakar hukum Refly Harun menyampaikan “surat” kepada Anies Baswedan dan berpesan tiga hal yang harus dihindari dalam pembentukan partai baru itu, mulai dari pengkultusan akan sosok Anies Baswedan, dibiayai oleh pemodal dan oligarki, dan jangan sampai menjadi partai yang pragmatis.

Dalam video tersebut tidak ada narasi Prabowo serta petinggi partai meresmikan partai baru. Hingga saat ini, belum ada informasi resmi terkait rencana pembentukan partai yang digagas Mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 
 

Klaim:  Prabowo Subiantor resmikan partai baru besutan Anies Baswedan
Rating: Hoaks

Pewarta: Tim JACX

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024