Pimpinan MPR RI periode 2024-2029 yang terdiri dari sembilan orang resmi dilantik oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin setelah pengucapan sumpah dan janji jabatan dalam Sidang Paripurna Pelantikan Pimpinan MPR RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis.
 
Adapun Ketua MPR RI kini dijabat oleh Ahmad Muzani dari Fraksi Partai Gerindra, menggantikan Bambang Soesatyo selaku Ketua MPR RI periode 2019-2024. Sebelumnya pada periode 2019-2024, Muzani menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI.
 
"Saudara-saudara wajib bersumpah, berjanji menurut agama masing-masing," kata Ketua MA Muhammad Syarifuddin.
 
Setelah itu, para pimpinan MPR mengucapkan kalimat sumpah dan janji yang dipandu oleh Ketua MA di depan meja pimpinan Sidang Paripurna. Ketua MA pun menyesuaikan kalimat sumpah dengan agama masing-masing Pimpinan MPR RI.
 
Kemudian para pimpinan MPR RI pun menandatangani berita acara sumpah Pimpinan MPR RI, yang diawali oleh Ahmad Muzani. Lalu Ketua MA pun dipersilakan mengucapkan selamat kepada pimpinan MPR RI yang baru dilantik tersebut.
 
Sidang paripurna itu dihadiri oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, beserta para Wakil Ketua DPR RI. Kemudian Ketua DPD RI Sultan B Najamudin beserta para wakilnya pun turut hadir dan duduk sejajar dengan Puan.
 
Selain itu, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional sekaligus Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono pun hadir menyaksikan pelantikan pimpinan MPR RI tersebut.
 
Sebelumnya pada Rabu (2/10) malam, Rapat Pimpinan Gabungan Sementara MPR RI telah menyepakati anggota MPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Ahmad Muzani untuk menjadi Ketua MPR RI periode 2024-2029.
 
Awalnya pelantikan pimpinan MPR RI rencananya dijadwalkan dilaksanakan pada Rabu (2/10). Namun, pimpinan MPR RI dari unsur DPD RI saat itu belum terpilih sehingga pelantikan MPR RI diundur menjadi Kamis ini.
 
Pimpinan MPR RI terdiri dari sembilan orang, yang terdiri dari delapan fraksi partai politik serta satu unsur DPD RI. Berikut nama-nama pimpinan MPR RI yang dilantik:
 
1. Fraksi PDI Perjuangan: Bambang Wuryanto
2. Fraksi Partai Golkar: Kahar Muzakir
3. Fraksi Partai Gerindra: Ahmad Muzani (Ketua)
4. Fraksi Partai NasDem: Lestari Moerdijat
5. Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa: Rusdi Kirana
6. Fraksi Partai Keadilan Sejahtera: Hidayat Nur Wahid
7. Fraksi Partai Amanat Nasional: Eddy Soeparno
8. Fraksi Partai Demokrat: Edhie Baskoro Yudhoyono
9. Kelompok DPD RI: Abcandra Muhammad Akbar Supratman

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024