Sebuah unggahan di X menampilkan video berdurasi satu menit pada saat pelantikan DPR/ DPD/MPR periode 2024 – 2029.

Dalam unggahan tersebut, dinarasikan nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak disebut dalam sambutan yang dibacakan oleh Pimpinan Sementara DPR, Guntur Sasono.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Nama Jokowie sebagai Presiden pada pelantikan DPR periode 2024/2029 tidak disebut, itu menunjukan betapa sesungguhnya para anggota Dewan sangat tidak menyukai cara kerja Jokowie yang kasar, arogan, tidak taat Hukum & Konstitusi. PENJARA MENANTIMU Mul”

Namun, benarkah nama Jokowi tidak disebut dalam sambutan pada pelantikan DPR?
 
 
Unggahan yang menarasikan nama Jokowi tidak disebut di sambutan saat pelantikan DPR/ DPD/MPR RI Periode 2024 – 2029. Faktanya, dalam YouTube DPR, nama Jokowi disebut oleh pimpinan sementara DPR, Guntur Sasono. (X)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA, dalam rekaman video di akun YouTube DPR RI yang berjudul “BREAKING NEWS - PELANTIKAN DAN PENGUCAPAN SUMPAH/JANJI ANGGOTA DPR/ DPD/MPR RI PERIODE 2024 – 2029” pada 1:21:32 hingga 1:21:42, Guntur Sasono menyebutkan nama Jokowi saat pembukaan sidang.

“Yang terhormat saudara Presiden Republik Indonesia, Bapak Insinyur Joko Widodo,” ucap Guntur Sasono.

Dengan demikian, klaim nama Jokowi tidak disebut di sambutan saat pelantikan DPR/ DPD/MPR RI Periode 2024 – 2029 merupakan keliru.

Klaim: Nama Jokowi tidak disebut dalam sambutan pada pelantikan DPR/ DPD/MPR periode 2024 – 2029

Rating: Disinformasi

Pewarta: Tim JACX

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024