Sekretaris Daerah (Sekda) A Ridwan membuka Kegiatan Jumpa Bhakti Gembira (JUMBARA) Palang Merah Remaja (PMR) Tingkat Kota Jambi Tahun 2024, Jumat.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jambi itu berlangsung di Bumi Perkemahan Cadika Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Jambi. Jl. Pramuka, Kecamatan Telanaipura.

Mengangkat tema "Muda, Taat dan Kreatif", pembukaan kegiatan JUMBARA Tahun 2024 itu ditandai dengan pengalungan tanda peserta Jumbara oleh Sekretaris Daerah Kota Jambi. 

Turut hadir dalam acara itu, anggota DPRD Kota Jambi M Taif, Kabid Relawan PMI Provinsi Jambi Raflinur, Dirbinmas Polda Jambi AKBP Dadang, Ketua PMI Kota Jambi yang diwakili Ketua Harian M Yamin dan Sekretaris Budianto beserta pengurus, perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi dan Kota Jambi, para peserta JUMBARA serta tamu undangan lainnya. 

Sekda A Ridwan menyampaikan bahwa kegiatan Palang Merah Remaja (PMR) merupakan ekstra kurikuler yang telah dilaksanakan dari jenjang pendidikan tingkat Sekolah Menengah Pertama. 

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk melatih siswa dalam upaya meningkatkan keterampilan hidup sehat, berkarya dan berbakti di tengah masyarakat serta mempererat persahabatan sesama anggota," ujarnya. 

“Saya sangat mengapresiasi hadirnya JUMBARA ini, karena pada hakekatnya pembangunan nasional tak hanya sekedar pembangunan fisik bersifat material semata, namun sesungguhnya membangun jiwa jauh lebih penting. Oleh karena itu, ini juga suatu ajang kebersamaan untuk menumbuhkan jiwa kerelawanan sejak dini," lanjutnya. 

Sekda berharap, dengan adanya kegiatan tersebut dapat mendorong jiwa gotong royong, rasa persatuan dan kesatuan. Sehingga menjadi generasi penerus yang memiliki jiwa dan semangat tinggi untuk mengabdi pada nusa dan bangsa dimanapun berada. 

"Diharapkan agar dengan mengikuti kegiatan JUMBARA ini, anggota PMR di kota Jambi dapat lebih meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya serta mampu mengikuti kegiatan ini dengan baik penuh semangat dan dedikasi yang tinggi serta menjadikan ajang ini untuk menambah wawasan dan kompetensi diri sehingga menjadi bekal dalam mencapai cita-cita pada masa yang akan datang," harapnya. 

Ridwan juga menekankan dengan adanya kolaborasi yang baik selama ini dari Pemerintah Kota Jambi bersama PMI Kota Jambi, kedepannya kegiatan seperti ini bisa lebih ditingkatkan dengan mendorong anggota PMR Kota Jambi untuk bisa mengikuti kegiatan yang sama pada tingkat Provinsi dan Nasional. 

Sebelumnya, dalam laporan pelaksanaan, Gita Nopalian Esa Putra menyebutkan kegiatan JUMBARA Kota Jambi Tahun 2024 ini akan di isi dengan 15 kegiatan, dimulai dari tanggal 9 hingga 13 Oktober 2024.

"Dengan jumlah peserta 821 orang utusan dari 37 sekolah tingkat SMP dan SMA/SMK," ucapnya. 

Dia menjelaskan, kegiatan ini merupakan hal yang wajib dilaksanakan dalam satu periode kepengurusan dalam lima tahun sekali. 

"Merupakan Program kerja, dengan tujuan untuk mengevaluasi proses pembinaan PMR, terutama dalam pelatihan pengembangan sumber daya manusia.

Mewakili Ketua PMI Provinsi Jambi, Raflinur selaku Kabid Relawan mengungkapkan, kegiatan JUMBARA ini bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi antar peserta dan juga memperkuat solidaritas dan menambah relasi antar anggota PMR se-Kota Jambi melalui kegiatan perkemahan.

"Adanya kegiatan JUMBARA ini, kita harapkan akan memberikan dampak dan kesan positif untuk semua," ungkapnya. 

Sekretaris PMI Kota Jambi mewakili Ketua PMI Kota Jambi, Budianto menyampaikan, bahwa kegiatan JUMBARA merupakan salah satu strategi pembinaan, pengembangan dan evaluasi bagi anggota PMR Kota Jambi dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam suasana gembira dan partisipatif sesuai manajemen PMR.

"Saya berharap agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik hingga akhir rangkaian kegiatan, dan semua peserta JUMBARA dapat meningkatkan peran aktif sebagai anggota PMR dalam penerapan Tri Bhakti dan sebagai pendidik dapat meningkatkan kualitas masing-masing peserta yang muda, taat dan kreatif sesuai tema "Muda, Taat dan Kreatif"," ucapnya. 

Kata Budianto, setiap anggota PMR wajib mendapatkan pelatihan sebelum terlibat dalam kegiatan Tri Bhakti PMR. Di kesempatan itu, setiap session pelatihan akan menguatkan anggota PMR untuk meningkatkan ketrampilan hidup sehat dan menjadi calon relawan.

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024