Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi telah melaksanakan Temu Responden 2024 sebagai apresiasi atas kerjasama dan konsistensi responden terhadap data yang telah diberikan selama periode survei, Kamis (17/10).

Kegiatan Temu Responden dibuka oleh Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jambi, Warsono. Kegiatan juga dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Jambi, Johansyah, Kepala  OJK Provinsi Jambi, Yudha Nugraha Kurata, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jambi, Burhani, dan Kepala BPS Provinsi Jambi, Agus Sudibyo.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan BI Jambi mengucapkan terima kasih kepada seluruh responden BI yang telah meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan acara tahunan Temu Responden. Pada tahun ini, kegiatan Temu Responden bertemakan Healthier and Happier : Boosting Productivity and Positivity.

Pertemuan ini, kata Warsono, menjadi penting bagi BI karena setiap periode tertentu, enumerator dari BI akan secara rutin mendatangi responden untuk menanyakan berbagai hal terkait perkembangan dunia usaha atau data terkait dengan kondisi perekonomian lainnya.

"Seluruh data dan hasil survei menjadi masukan bagi Bank Indonesia dalam membuat kebijakan moneter di pusat maupun advisory kepada pemerintah daerah," kata Warsono.

"Kami melakukan survei menggali informasi-informasi itu ada di masyarakat, perusahaan, perbankan, konsumen, pedagang untuk mendeteksi perkembangan usaha yang tentunya ini melibatkan seluruh responden sehingga pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih karena telah memberikan jawaban rinci dan berkualitas," kata dia.

Dia menegaskan bahwa survei yang dilakukan Bank Indonesia ini bertujuan untuk memastikan bahwa kebijakan yang akan dikeluarkan oleh pemerintah atau lembaga-lembaga pemerintah lainnya benar-benar berdasarkan data yang dapat dipertanggungjawabkan. Karena kebijakan yang dihasilkan pemerintah dan lembaga itu tidak saja bersumber dari masukan dan informasi di pusat, namun juga membutuhkan masukan dari daerah.

Secara tidak langsung, seluruh responden juga berperan besar di dalam pengambilan kebijakan-kebijakan manakala kebijakan tersebut adalah salah satunya bersumber informasi dari para responden.

"Responden adalah pahlawan ekonomi pengambilan kebijakan," katanya. 
 
Foto bersama seluruh responden Bank Indonesia Kamis (17/10/2024). (ANTARA/HO-BI Jambi)

Kegiatan pagi hari diawali dengan olahraga yoga bersama yang diikuti dengan antusias oleh seluruh tamu responden. Pada kesempatan yang sama, BI Provinsi Jambi  juga melakukan wisuda kepada 15 Wirausaha Unggulan Bank Indonesia (WUBI) 2024 serta penyampaian apresiasi kepada responden survei terbaik.

Acara ini semakin semarak dengan talkshow dengan topik gaya hidup sehat bersama aktris Fanny Ghassani dan hiburan stand-up comedy dari komika nasional Arie Kriting.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024