Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini berupa potensi cuaca berawan, hujan ringan, sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat di berbagai kota besar di Indonesia pada Selasa.
 
Dikutip dari laman resmi BMKG di Jakarta, prakirawan Nurul Tazaroh menerangkan secara umum daerah konvergensi memanjang di wilayah Laut Andaman, Laut Natuna Utara, Laut Sulawesi, Samudra Pasifik Utara Papua Barat, Papua Barat.
 
Selain itu, daerah konvergensi juga memanjang di Riau, Sumatera Selatan hingga Jambi, perairan utara Nusa Tenggara Timur, pesisir selatan Sulawesi Tenggara, dan di sekitar Papua Tengah.
 
Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah yang dilewati konvergensi atau konfluensi.
 
Oleh karena itu, pihaknya memprakirakan beberapa kota besar akan berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang, yakni Jambi, Palembang, Pangkal Pinang, Bandung, Pontianak, Tanjung Selor, Nabire, Jayawijaya, Merauke.
 
Sementara itu, beberapa kota besar lainnya akan mengalami hujan ringan hingga sedang, yaitu Bengkulu, Semarang, Surabaya, Denpasar, Manado, Mamuju, Makassar, Jayapura.
 
Adapun beberapa kota besar yang lain diprakirakan hanya akan mengalami kondisi berawan pada hari ini, meliputi Banda Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Tanjung Pinang, Lampung, Yogyakarta, Jakarta, Serang, Mataram, Kupang, Palangkaraya, Banjarmasin, Samarinda, Gorontalo, Palu, Kendari, Sorong, Manokwari, Ambon, Ternate.
 
Untuk prakiraan tinggi gelombang air laut di wilayah Indonesia, BMKG memprakirakan umumnya berada di kisaran 0.5 hingga 2.5 m.
 
Namun begitu, pihaknya juga memberikan himbauan waspada banjir rop di pesisir Sumatera Utara, pesisir utara Jakarta, dan pesisir utara Jawa Tengah.
 

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024