Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari, Jambi, mencatat ada 10 daftar penyakit yang paling banyak dialami oleh masyarakat setempat.

Kepala bidang pelayanan kesehatan Dr. A Taqwin di Muara Bulian, Rabu, mengatakan dari 10 penyakit tersebut, hipertensi esensial atau tekanan darah tinggi menjadi penyakit yang paling banyak di Kabupaten Batanghari.

"Pada triwulan III ini untuk daftar penyakit yang menepati  peringkat pertama yaitu hipertensi," ujarnya.

Penyakit hipertensi itu sering kali menjadi ancaman serius karena dapat berujung pada komplikasi yang lebih berat, seperti penyakit jantung dan stroke. 

Untuk itu, pihaknya terus berupaya preventif seperti edukasi terkait pola hidup sehat dan peningkatan deteksi dini agar angka hipertensi ini dapat berkurang. Selain hiprtensi, masyarakat juga sering mengalami penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) yang dengan peringkat kedua.

Dengan demikian, kepada seluruh masyarakat Batanghari dapat menerapkan pola hidup sehat adalah kunci untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik, menjaga energi tubuh dan mencegah berkembangnya berbagai penyakit kronis. Apabila mengalami gejala suatu penyakit  keluhan agar segera melakukan pemeriksaan kesehatan ke puskesmas terdekat.

"Dianjurkan masyarakat berolahraga rutin, makanlah makanan yang sehat rendah gula, pola makan juga harus bagus dan teratur," katanya.

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024