Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin (UIN STS) Jambi mengikuti ITHLA Abroad atau International Teaching Arabic Program di tiga negara yaitu Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Plt Rektor UIN STS Jambi Prof Ahmad Zainul Hamdi di Jambi, Kamis, mengatakan mahasiswa akan mengikuti program selama 20 hari di tiga negara.

Program ini diakui sebagai bagian dari pengenalan lapangan persekolahan internasional yang diharapkan mampu memberikan pengalaman baru serta memperkuat kemampuan mengajar mahasiswa UIN di kancah internasional.

Pada program ini, UIN STS Jambi mengirimkan satu orang perwakilan mahasiswa atas nama Muhammad Dzulfikri Al Imany dari Program Studi Pendidikan Bahasa Arab.

Pada kesempatan itu rektor menegaskan bahwa keberangkatan Ini bukan saja membawa nama pribadi mahasiswa namun juga membawa nama perguruan tinggi di kancah internasional.

Dia juga menegaskan bahwa program ini tidak saja menjadi ajang pembelajaran akademik tetapi juga kesempatan untuk memperkenalkan budaya, mempererat jaringan internasional, dan mempromosikan pendidikan bahasa Arab.

Selanjutnya mahasiswa UIN STS Jambi ini akan terlibat dalam aktivitas mengajar langsung di sekolah-sekolah di tiga negara tersebut.

Dengan mengikuti program ini diharapkan perwakilan mahasiswa dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan pendidikan bahasa Arab di kawasan Asia Tenggara.

Selain itu agenda ini menjadi momentum penting dalam karir mahasiswa sebagai pendidik muda yang berkomitmen terhadap penyebaran bahasa dan budaya Arab.

Program ini diharapkan menjadi landasan kuat untuk kontribusi global mahasiswa UIN Jambi di masa depan. Perwakilan UIN Jambi berangkat mengikuti program ini pada 24 Oktober 2024.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024