Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih  mendukung ekosistem penggunaan uang elektronik atau e-money di daerah setempat.

Hal ini disampaikan Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih  e-money ikon Kota Jambi dan e-parking Jamtos yang diselenggarakan Bank Mandiri Jambi.

Prosesi peluncuran e-money ikon Kota Jambi dan e-parking Jamtos yang berlangsung di Lantai I Mal Jambi Town Square (Jamtos) itu ditandai dengan penekanan tombol bersimbol ikon Kota Jambi Tugu Keris Siginjai oleh Pj Wali Kota Sri Purwaningsih bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi Warsono dan Vice President Mandiri Area Jambi Eka Zedrosky.

Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih mengatakan dengan diresmikannya e-money ikon Kota Jambi dan e-parking Jamtos itu akan semakin meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam bertransaksi yang merupakan sebuah kebutuhan mutlak di era digital yang serba cepat dan mudah saat ini. 

Adanya launching ini, Sri berharap penggunaan e-Money di Kota Jambi semakin dapat diperluas pada pusat-pusat perbelanjaan dan ruang publik lainnya. 

"Dan kita semua berharap agar setiap transaksi dapat berjalan dengan lebih cepat dan mudah serta berdampak pada akselerasi laju pertumbuhan perekonomian di Kota Jambi," harapnya. 

Dikesempatan itu, Sri Purwaningsih memberikan apresiasi kepada Bank Mandiri atas kerja sama yang telah terjalin selama ini dan gerakan nyata mendorong inklusif keuangan di Kota Jambi.

"Saya atas nama Pemerintah dan Masyarakat Kota Jambi memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan ini. Hal ini menjadi semakin spesial bagi kita semua khususnya masyarakat Kota Jambi karena desain yang digunakan pada e-money tersebut menggunakan ikon-ikon kebanggaan yang ada di Kota Jambi seperti Tugu Keris Siginjai dan kantor Graha Siginjai, yang itu secara tidak langsung branding ini juga menjadi sarana untuk mempromosikan ikon-ikon kebanggaan kota jambi agar lebih dikenal secara luas," ucap Sri. 

"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bank Mandiri cabang Jambi, manajemen Mal Jamtos serta semua pihak yang membantu terselenggaranya kegiatan ini," tukasnya. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Warsono mengatakan dengan transformasi digital saat ini, penting bagi Bank Indonesia untuk selalu menjaga sistem pembayaran. Salah satunya melalui sistem elektronik. 

"Kita mengetahui bersama teknologi yang terus meningkat, dan tugas kita harus menyikapi itu semua dengan cepat. Maka di situlah salah satu tugas BI dalam  menjaga transaksi pembayaran," kata Kepala BI Jambi. 

Mendorong pembayaran secara elektronik Warsono menyebut BI terus melakukan usaha bersama dalam mendorong akses kanal-kanal pembayaran, atau yang lebih dikenal dengan sistem Qris Bank Indonesia. Dengan harapan transaksi terus meningkat. 

"Mendorong perkembangan Qris di Jambi saat ini dilakukan dengan intens, Alhamdulillah berkat kerja sama bersama Pemkot Jambi saya apresiasi atas perkembangan itu," sebutnya. 

"Dalam periode Januari sampai September 2024 tercatat sudah sebanyak 335 ribu merchant menggunakan sistem Qris. Dengan 553 ribu pengguna dan menghasilkan volume transaksi sebesar 11 juta," tambahnya. 

Di kesempatan itu, Warsono juga menekankan dilakukannya transformasi digital melalui sistem pembayaran elektronik bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Jambi khususnya. 

Sebelumnya, Vice President Mandiri Area Jambi, Eka Zedrosky menyebut, e-money dan e-parking ini merupakan suatu bentuk transformasi digital yang dilakukan oleh Bank Mandiri yang terus berkembang. 

"Mandiri selalu beradaptasi dalam hal transformasi digital untuk meningkatkan modernisasi guna go digital yang terus berkembang," ucapnya. 

"Khusus kota Jambi, e-money Bank Mandiri tidak hanya  digunakan untuk parkir, selain itu juga bisa berbelanja dan fungsi lainnya. Untuk mengelolanya juga mudah, hanya dengan top up lewat agen maupun lainnya," tambahnya.

Dia berharap, dengan apa yang telah dikembangkan agar dapat menjadi kegiatan yang konsisten. "Tidak hanya memudahkan dalam belanja maupun transaksi lainnya, tetapi juga untuk bisnis di masyarakat itu bisa go digital berjalan dengan baik," tuturnya. 

"Berkat dukungan semua pihak khususnya Pemkot Jambi dan Bank Indonesia serta semua pihak lainnya. Semoga kegiatan ini bisa berkontribusi untuk kota Jambi maupun di Provinsi Jambi umumnya," singkat Vice President Mandiri Area Jambi itu.

Launching tersebut ditutup dengan penyerahan plakat e-money dari Vice President Mandiri Area Jambi kepada Pj Wali Kota Jambi. 

Turut hadir dikesempatan itu, Ketua DPRD Kota Jambi Kemas Faried Alfarelly, Sekda Kota Jambi A Ridwan, Asisten Administrasi Umum M Jaelani, sejumlah Kepala Perangkat Daerah Kota Jambi, perwakilan Kepala OJK Provinsi Jambi, sejumlah Camat Kota Jambi, jajaran Mandiri Area Jambi dan Mal Jamtos serta undangan lainnya.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024