Jambi (ANTARA Jambi) - Gubernur Jambi Hasan Basri Agus mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk melanjutkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri.

Menurut dia, PNPM Mandiri bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, baik dengan pembangunan berbagai infrastruktur seperti jalan lingkungan, puskesmas maupun pemberian pinjaman tanpa agunan kepada masyarakat.

Karena itu, dia mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk melanjutkan bahkan meningkatkan PNPM Mandiri. Pemerintah daerah, baik pemerintah provinsi maupun kabupaten- kota juga diminta untuk mendukung PNPM Mandiri ini.

"PNPM sangat positif untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat, karena itu sebaiknya program tersebut tetap dilanjutkan," kata Gubernur kepada Tim PNPM Mandiri Ditjen Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kementerian Dalam Negeri di Jambi, Rabu.

Usul tersebut disampaikan terkait terpilihnya Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo, sebagai nominasi tiga terbaik se-Indonesia.

Kemendari mengadakan penilaian terhadap PNPM Mandiri Perdesaan terbaik se-Indonesia, yang disebut "Sikompak Award Tahun 2012" yang diberikan kepada lembaga, pelaku, dan pembina PNPM Mandiri Perdesaan terbaik nasional.

Ada pun kategorinya terdiri atas UPK, Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD), Pendamping Lokal (PL), dan Perencanaan Pembangunan Desa (PPD).

Ketika menanggapi terpilihnya UPK Kecamatan Rimbo Bujang sebagai salah satu nominator tiga terbaik nasional, Gubernur mengaku tidak heran karena masyarakat di daerah itu yang mayoritas berasal dari Jawa, memiliki kepatuhan yang tinggi.

"Saya berharap, UPK Rimbo Bujang bisa tampil sebagai juara satu nasional," katanya.

Mantan Bupati Sarolangun itu juga berharap agar segera dibentuk payung hukum untuk PNPM Mandiri, sehingga pengelolaan dan aktivitas PNPM Mandiri bisa terselenggara lebih baik lagi, apalagi pinjaman uang PNPM Mandiri tanpa agunan.(T.E003)

Pewarta:

Editor : Lukman Toha


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012