Jambi, (ANTARA Jambi) - Yayasan kebudayaan Melayu, Jambi Heritage dalam waktu dekat akan kembali menerbitkan antologi-katalogi syair, pantun dan fotografi karya kolaborasi seniman budayawan Junaidi T Nur dan fotografer H Sakti Alam Watir.

"Dalam waktu dekat yayasan Jambi Heritage bekerja sama dengan Pusat Kajian Pengembangan Sejarah dan Budaya Jambi yang disponsori 'The Society of Muarojambi Temple' (The SOMT) akan menerbitkan buku antologi-katalogi syair pantun dan karya fotografi dalam satu buku yang kita beri judul 'Nandung Batu Pelangi'," kata fotografer budaya Jambi H Sakti Alam Watir, di Jambi, Minggu.

Buku antologi-katalogi setebal 45 halaman tersebut memuat 25 karya fotografi yang setiap foto disertai pula dengan satu syair pantun yang semua syairnya berjumlah 11 judul.

"Semua karya foto dan syair pantun tersebut bertemakan tentang keberadaan Candi Muarojambi," katanya.

Di antara judul syair pantun tersebut seperti Candi Astano, Candi Kedaton, Candi Gumpung, Candi Tinggi, Candi Kembar Batu, Candi Koto Mahligai Candi Gedong, Candi Teluk yang merupakan beberapa candi di antara ratusan Menapo atau reruntuhan batu bata candi yang sudah selesai dipugar, sementara Candi Cino adalah salah satu candi yang belum  tersentuh pugarasi.

Selain tentang candi, pemantun Junaidi T Noor juga menulis tentang gugusan lain yang juga merupakan bagian dari komplek candi terluas di Asia Tenggara tersebut seperti Bukit Perak dan Telago Rajo.

Jambi Heritage dan The SOMT dalam waktu berdekatan juga telah menerbitkan antologi puisi 35 penyair Jambi tentang candi Muarojambi tersebut dalam judul buku yang juga mirip yakni "Batu Pelangi".

"Buku antologi-katalogi ini nantinya akan menjadi pelengkap pula pada pameran foto candi yang akan kita gelar di anjungan TMII di Jakarta pada 15-22 April 2012," kata Sakti.

Sedangkan peluncuran antologi-katalogi foto dan syair pantun ini akan dilakukan dengan garapan seni pertunjukan asli Jambi yang diangkat dari berbagai tradisi tutur masyarakat Jambi yang akan digarap oleh kelompok musik tradisi Jambi Mindulahin," tambahnya.

(T.KR-BS)    
(T.KR-BS/B/M027/M027) 18-03-2012 17:47:43

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012