Jambi (ANTARA Jambi) - Gubernur Jambi Hasan Basri Agus, Selasa, di Jakarta, menerima penghargaan sebagai Pembina Terbaik Nasional Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Kategori Unit Pegelola Kegiatan Aspek Pelayanan. 

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Boediono, di Hotel Sahid Jaya, Jakarta.

Hasan Basri Agus dalam sambutannya menyampaikan, prestasi yang diraih Jambi tidak terlepas dari peran konsultan di lapangan termasuk Bupati dan Unit Pengelola Kegiatan (UPK) yang terdapat di Kecamatan Rimbo Bujang.

"Prestasi ini merupakan wujud kerja keras yang telah dilakukan oleh berbagai pihak," katanya.

Diketahui, Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo meraih penghargaan sebagai Unit Pengelola Kegiatan Terbaik Nasional PNPM Mandiri dalam aspek kelembagaan dan pelayanan tahun 2011. 

Diterangkan Gubernur, mengadopsi sistem pengelolaan PNPM Mandiri, pemerintah provinsi dan kabupaten di Jambi juga melaksanakan dan mensinergikan kegiatan serupa.

Polanya, kata Gubernur, dengan cara memberikan bantuan dana sebesar Rp 100 juta/desa. Nanti masing-masing UPK akan mengelola dana itu sesuai dengan kebutuhan mereka yang telah terprogram. 

"Semua bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan masyarakat di pedesaan di Provinsi Jambi. Maka itu saya berharap program PNPM Mandiri Perdesaan ini terus dilanjutkan." sebut Hasan Basri Agus. 

Agar tidak terjadi tumpang tindih program nasional dan daerah, Gubernur menjelaskan, bahwa perlu sinergisitas program antar Kabupaten/Kota, Provinsi dan nasional.

"Jangan sampai terjadi tumpang tindih program. Kabupaten/Kota, Provinsi dan nasional juga harus mengikuti perkembangan program ini, yang istilah di Jambi harus ditempel terus, sehingga program ini tepat sasaran, sesuai dengan yang kita harapkanā€ tegasnya.

Sementara, Bupati Tebo, Sukandar, mengatakan, pola kerjasama yang dilakukan pemerintah Kabupaten Tebo selama ini adalah dengan memfasilitasi UPK, diantaranya bantuan lokasi pembangunan kantor dan lainnya.

Hadir dalam penyerahan penghargaan Mendagri Gamawan Fauzi dan Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II lainnya serta para Gubernur, Bupati seluruh Indonesia.(Antara Jambi)

Pewarta:

Editor : Nurul


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012