Jambi (ANTARA Jambi) - Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, diperkirakan banyak menyimpan benda bersejarah, bahkan sebagian sudah ditemukan.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Tanjung Jabung Timur Imron TB, Sabtu menjelaskan, penemuan terakhir berupa situs perahu kuno sepanjang 16 meter.

Temuan itu kini tengah diteliti tim Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jambi.

Menurut dia, sekitar 10 tahun sebelum berdirinya Kabupaten Tanjabtim pada 1999 juga ditemukan puluhan benda purbakala di bagian timur kabupaten tersebut.

Benda antik purbakala itu ditemukan secara tidak sengaja oleh beberapa petani di Desa Lambur I, Kecamatan Muarasabak Timur.

Beberapa benda antik yang berhasil ditemukan adalah sabuk emas, keramik, wadah kaca kuno, batu pipisan dan gandik yang terbuat dari batu pasiran serta pecahan kaca.

Pemkab Tanjabtim saat ini juga tengah merencanakan mendirikan museum di lokasi penemuan benda purbakala itu.

Sabuk emas yang berhasil ditemukan pada 1994 seberat 380 gram dan terbuat dari emas 18 karat lengkap dengan gaspernya. Sabuk emas itu ditemukan seorang petani bernama Saminem.

Dilihat dari motif hiasannya, sabuk emas tersebut diperkirakan merupakan peninggalan Abad X hingga Abad XIII Masehi.

Antara Abad X hingga Abad XIII Masehi, Kabupaten Tanjabtim merupakan kawasan keluar masuk para pedagang dari Dinasti Song, China.

Dari beberapa sumber sejarah itu bisa diketahui di sejumlah kawasan di Tanjabtim masih banyak terpendam barang antik yang diperkirakan berasal dari daratan China.

(T.KR-BS)

Pewarta:

Editor : Nurul


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012