Jambi (ANTARA Jambi) - Kepolisian Sektor Rimbo Ilir, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi, menerima tiga pucuk senjata api rakitan atau kecepek dari sejumlah warga Desa Wonogiri di kecamatan setempat.

Kepala Polsek Rimbo Ilir Iptu Rivan Aditya Putra, di Muaratebo, ibukota Tebo, Senin mengatakan, penyerahan senjata api dilakukan warga menyusul himbauan Kapolres Tebo kepada masyarakat pemilik senjata api atau kecepek agar menyerahkan barang tersebut kepada polisi.

"Ini dilakukan dalam rangka menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif," katanya.

Polisi menempelkan selebaran dan pamflet himbauan Kapolres di keramaian, seperti pasar dan instansi yang sering dikunjungi warga.

Hasilnya, sejak himbauan tersebut disebarkan, sudah ada beberapa warga yang menyerahkan senjata api mereka secara sukarela. Total senjata sudah mencapai lima pucuk kecepek.

Diharapkan, warga yang masih memiliki atau menyimpan kecepek segera menyerahkan kepada pihak kepolisian. Pemilik tidak akan terkena proses hukum jika penyerahan dilakukan secepatnya.

Jika warga merasa sungkan atau takut menyerahkan kepada anggota kepolisian, mereka dapat menitipkannya kepada perangkat desa setempat.

"Kami akan berikan sertifikat penghargaan kepada yang menyerahkan," katanya lagi.

Sebelumnya pada awal April, Kabid Humas Polda Jambi AKBP Almansyah, mengatakan, sejumlah warga yang berasal dari sejumlah kabupaten di Provinsi Jambi telah menyerahkan senjata api rakitan milik mereka kepada kepolisian setempat yang jumlahnya mencapai 87 pucuk. (T.KR-YJ)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012