Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, tahun ini akan memfokuskan pengembangan wisata lokal khususnya situs purbakala di daerah itu.

"Salah satu langkah pertama kami mengadakan pelatihan khusus pemandu wisata yang akan dilaksanakan pada 6-7 Juni 2012," ujar Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Imron TB di Muarasabak, ibu kota Kabupaten Tanjabtim, Senin.

Kegiatan tersebut merupakan yang pertama kalinya di Tanjabtim. Diharapkan bisa menarik minat putra daerah dalam upaya pengembangan wisata lokal Tanjabtim agar lebih dikenal secara luas.

Di kawasan timur Jambi yakni di Kabupaten Tanjabtim banyak terkandung berbagai wisata yang dinilai berpotensi, baik itu wisata alam, budaya lokal hingga wisata sejarah terutama situs-situs bersejarah yang ada di daerah itu.

"Wisata alam cukup banyak di Tanjabtim dan ada beberapa wisata lokal maupun luar negeri yang pernah melihat langsung. Mulai dari wisata Taman Nasional Berbak dan Pulau Berhala. Belum lagi ditambah berbagai situs bersejarah, ini perlu didukung pengetahuan yang lengkap agar wisatawan semakin tertarik mengunjungi Tanjabtim," jelasnya.

"Kegiatan pelatihan ini rencananya akan kami laksanakan secara rutin setahun sekali," katanya.

Dalam program pembekalan dan pelatihan itu, Disbudparpora Tanjabtim mengambil satu orang perwakilan dari tiap kecamatan di daerah itu.

Untuk mengupayakan pengenalan wisata daerah, Pemkab Tanjabtim bahkan merencanakan akan membangun sebuah museum khusus purbakala.

"Ada beberapa situs bersejarah di Tanjabtim, salah satunya di kawasan Lambur. Saat ini juga tengah diteliti adanya penemuan perahu kuno," ujarnya lagi.

Pemkab Tanjabtim juga tengah melakukan penjajakan kerja sama dengan beberapa investor atau biro perjalanan wisata, salah satunya paket perjalanan satu minggu sekali berlibur di Pulau Berhala yang terkenal dengan pantai pasir putihnya di kawasan perbatasan laut China Selatan itu.(T.KR-BS)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012