Jambi (ANTARA Jambi) - Musim kemarau yang belum berakhir hingga saat ini menyebabkan 20 hektare sawah petani di Kabupaten Batnghari, Jambi, yang telah ditanami padi gagal panen.

Berdasarkan data yang dihimpun, Senin, lebih kurang 20 hektare sawah di Kabupaten Batnghari dinyatakan gagal panen.

"Setelah ditinjau beberapa hari lalu oleh Dinas Pertanian Kabupaten Batanghari, ditemukan kurang lebih 20 hektare lahan persawahan yang telah ditanami padi dinyatakan gagal panen," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Batnghari Hayatul Islami.
   
Lokasi yang dinyatakan gagal panen itu berada di hamparan luas lahan persawahan Pasar Terusan dan Mersam. Selain itu Dinas Pertanian Batanghari dalam pantauan terakhir juga menemukan lahan sawah yang tidak bisa diselamatkan, yaitu di daerah Mersam.

Saat ditanya jumlah lahan persawahan di Kabupaten Batanghari yang mengalami kekeringan, Hayatul mengatakan, hasil pantauan yang ada saat ini ditemukan ratusan hektare lahan sawah mengalami kekeringan.

"Lahan sawah yang mengalami kekeringan saat ini lebih kurang 518 hektare. Dari jumlah tersebut petugas di lapangan memprediksi 110 hektare lahan sawah terancam puso dan 20 hektare dinyatakan tidak bisa diselamatkan lagi akibat musim kemarau ini," katanya.(Ant)

 

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012