Jambi (ANTARA Jambi) - Sepasang singa tidak lama lagi akan menghuni Kebun Binatang Taman Rimba Jambi untuk menambah koleksi satwa di kebun binatang tersebut.

Menurut Kepala Kebun Binatang (KB) Taman Rimba Jambi, Adrianis ketika dihubungi, Selasa, sepasang singa ini akan menjadi penghuni baru Taman Rimba melalui program pertukaran hewan dengan KB Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Dalam kesepakatan pertukaran itu, KB Taman Rimba akan mengirim sepasang harimau Sumatera untuk KB Pematang Siantar.

"Kesepakatan ini tercapai dalam pertemuan nasional kebun binatang di Yogyakarta," katanya.

Adrianis menjelaskan, koleksi harimau Sumatera di KB Taman Rimba saat ini cukup banyak, karena harimau yang ada telah melahirkan beberapa anak harimau.

"Ada sekitar tujuh harimau di sini. Sementara di KB Pematang Siantar tidak memiliki harimau Sumatera, tapi mereka punya banyak koleksi singa. Karena itu itu kita sepakat melakukan pertukaran satwa," ujarnya.

Untuk melakukan pertukaran tersebut akan dilakukan sejumlah langkah yang melibatkan Balai Konservasi Sumber Daya (BKSDA).

"Rencananya, singa ini akan kita tempatkan di kandang baru di area perluasan. Rencananya tahun depan kandang tersebut akan dibangun," katanya.

KB Taman Rimba Jambi kini memiliki sejumlah satwa, termasuk beberapa jenis burung, ular dan satwa unggas. Sejak beberapa tahun terakhir, KB Taman Rima mengalami kemajuan dengan makin meningkatnya warga yang berkunjung.

Pengelola kebun binatang ini juga terus melakukan pengembangan dengan memperluas area, penambahan satwa dan membangun kandang-kandang baru.

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012