Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Kabupaten Kerinci telah membangun enam unit lumbung pangan guna merealisasikan program peningkatan ketahanan pangan dan menjadikan daerah itu sebagai lumbung pangan di Provinsi Jambi.

"Guna merealisasikan program ketahanan pangan dan mewujudkan Kerinci sebagai lumbung pangan Provinsi Jambi, kita telah menelorkan beberapa program, salah satunya membangun enam unit lumbung pangan," kata Kepala Dinas Pertanian Kerinci Bambang Karyadi di Kerinci, Rabu.

Keenam lumbung pangan yang disiapkan sebagai sentra cadangan pangan tersebut dibangun tersebar di enam kecamatan. Dari lumbung itu nantinya diproduksi berbagai bahan pangan seperti beras, jagung, kedelai, ubi jalar, singkong, kentang, cabe, dan berbagai bahan pangan lainnya.

Pemkab  juga telah merealisasikan pemberian bantuan langsung kepada petani berupa bantuan bibit padi, peralatan pertanian seperti traktor, permodalan, pembangunan jalan usaha tani serta percetakan sawah baru.

Bantuan bibit padi yang diberikan sebanyak 2,5 ton, disamping juga bantuan 3.240 batang bibit durian unggul, mangga, manggis, dan pepaya, kata Bambang.

Sementara bantuan modal telah diberikan kepada 18 kelompok tani (poktan) dan bantuan peralatan yang diberikan berupa traktor, hydroteller dan paddy power, masing-masingnya sebanyak 12 unit.

"Sementara jalan usaha tani yang telah dibangun sepanjang 3,25 km di sebelas titik lokasi, jalan produksi 17,7 km di delapan titik lokasi dan jalan perkebunan sepanjang 23,3 km," ujarnya.

Adapun program pencetakan sawah baru saat ini seluas 1.000 hektare yang dimaksudkan untuk meningkatkan produksi beras Kabupaten Kerinci.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012