Jakarta (ANTARA Jambi) - Sebanyak sembilan kota di Tanah Air meraih penghargaan program Langit Biru 2012 Kementerian Lingkungan Hidup yang diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup, Balthasar Kambuaya, di Jakarta, Senin.

Kota yang meraih penghargaan kategori Kota Metropolitan yakni Tangerang, Jakarta Selatan dan Medan. Kemudian untuk kategori Kota Besar, yakni Batam, Denpasar dan Manado.

Untuk kategori Kota Sedang atau Sedang diraih Serang, Manokwari, Mataram. "Program Langit Biru mendorong peningkatan kualitas udara perkotaan dari pencemaran udara yang bersumber dari kendaraan bermotor melalui penerapan transportasi berkelanjutan," ujar Balthasar.

Ia menambahkan, permasalahan lingkungan adalah masalah hak asasi manusia. Jadi setiap orang mempunyai hak untuk mendapatkan lingkungan yang baik.

Ketua Panitia Program Langit Biru, Sulistyowati, mengatakan bahwa kendaraan bermotor adalah sumber pencemar utama CO. Sedangkan sumber pencemar NO2 dapat berasal dari kendaraan bermotor dan industri.

"Di beberapa kota penurunan atau peningkatan konsentrasi pencemar CO dan NO2 terjadi cukup signifikan. Kami menyarankan untuk melakukan inventarisasi emisi," ujar Sulistyowati.

Evaluasi kualitas udara perkotaan yang dilaksanakan di 44 kota dari 33 provinsi di Tanah Air antara bulan Maret sampai dengan Oktober.

Pelaksanaan evaluasi yang dilakukan berupa survei pendapat para pemangku kepentingan yang ada di kota-kota tersebut dan pengisian formulir data kota, disamping kegiatan fisik yang meliputi uji emisi kendaraan bermotor selama tiga hari yang dilakukan terhadap 500 kendaraan pribadi per hari.

Kemudian pemantauan kualitas udara jalan raya dan penghitungan kinerja lalu lintas yang dilakukan secara serentak di tiga ruas jalan yang ada di setiap kota.

Selain itu juga dilakukan pengujian 28 unit kendaraan bermotor dari 23 unit kendaraan berbahan bakar bensin dan lima unit kendaraan berbahan bakar solar.Juga dilakukan pemantauan kualitas bahan bakar di SPBU.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012