Jambi (ANTARA Jambi) - Pembangunan 100 fasilitas mandi, cuci dan kakus (MCK) bagi masyarakat di Kabupatenm Sarolangun yang akan dimulai tahun ini, akan diprioritaskan di daerah-daerah kumuh.

Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU dan Pera) Kabupaten Sarolangun, Arbain, ketika dikonfirmasi, Kamis, menjelaskan, pada tahun ini pihaknya akan membangun 100 MCK gratis untuk masyarakat.

"Lokasinya saat ini sedang diinventarisir, agar tepat sasaran dan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Pembangunan MCK ini juga sebagai bentuk dukungan dalam peningkatan indeks kesehatan masyarakat agar terbiasa untuk menjaga kebersihan lingkungannya.

Masyarakat, terutama yang tinggal di pinggiran sungai diarahkan untuk membuang hajat pada tempatnya, yakni MCK yang akan dibangun oleh pemerintah.

Terkait teknis perencanaan pembangunan MCK, dengan dana yang ada, kata Arbain, masyakarat akan dibangunkan WC umum, sumur bor, dan instalasi air bersih.

"Pembangunanya tidak mesti setiap desa, bagi desa yang sudah cukup baik dengan kebiasaan hidup sehat, tidak perlu lagi. Bisa saja, namun bisa saja satu desa dapat lebih dari satu paket MCK," ujarnya.

Pemkab Sarolangun akan membangun 1.000 unit MCK gratis kepada masyarakat, namun karena keterbatasan dana, pembangunannya dilakukan secara bertahap.

Tahun ini akan dimulai dengan membangun 100 MCK, selanjutnya tahun 2014 dibangun 400 unit, dan tahun 2015 dibangun lagi 600 unit, jadi totalnya 1.000 unit selama tiga tahun, jelasnya.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013