Jambi (ANTARA Jambi) - Seluruh sekolah dasar (SD), baik negeri maupun swasta di wilayah Kabupaten Batanghari, Jambi, siap melaksanakan ujian nasional yang dimulai hari ini (6/5).

Distribusi soal ujian nasional (UN) untuk SD/MI di seluruh kecamatan di Batanghari sudah dilakukan sejak Jumat (3/5), dan seluruhnya sudah sampai di sekolah, kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PDK) Batanghari Hadramin Nida, Senin.

Pendistribusian naskah soal UN di Batanghari oleh panitia penyelenggara melalui Unit Pendidikan Teknis Dinas (UPTD) di delapan kecamatan.

"Naskah UN SD/MI sudah mulai didistribusikan untuk sekolah-sekolah yang diambil langsung oleh UPTD masing-masing kecamatan," katanya.

Ia juga memastikan, kualitas naskah maupun lembar jawaban cukup baik.

Hadramin minta seluruh peserta UN yakin dengan kemampuan diri sendiri, jangan goyah dan percaya dengan isu kunci jawaban.

Dengan belajar, siswa sebenarnya bisa mengerjakan soal-soal yang diajukan saat UN. Apalagi. tingkat kesulitan soal juga sudah diperhitungkan dengan analisa yang akurat oleh tim penyusun.

Berdasarkan data di Dinas PdK Batanghari tercatat ada 4.862 siswa yang menjadi peserta UN SD/MI di Kabupaten Batanghari tahun ini.

Sedangkan jumlah kotak atau paket soal UN tersebut, seperti Bahasa Indonesia sebanyak 14 kotak, Matematika 11 kotak dan Ilmu Pengetahuan Alam sembilan kotak dan jumlah yang diterima oleh Dinas PdK sesuai dengan jumlah siswa.

Kepala UPTD Kecamatan Mersam, Fauzi menegaskan, seluruh sekolah penyelenggara di seluruh kecamatan sudah siap melaksanakan UN SD/MI.

Guru pengawas UN akan dilakukan secara silang antar sekolah, serta UN di hari pertama akan dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB.(Ant)

Pewarta: Heriyanto

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013