Jakarta (ANTARA Jambi) - Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara memperkuat diplomasi pers di Rusia dengan menandatangani kerja sama pemberitaan dengan KBRI Moskow.

Penandatangan dilakukan Direktur Pemberitaan Perum LKBN Antara Akhmad Kusaeni dan Dubes RI untuk Rusia Djauhari Oratmangun di Moskow, Selasa.

Kusaeni yang dihubungi di Moskow, Selasa, mengatakan, Antara sebagai kantor berita nasional memiliki tugas membantu pencitraan Indonesia di luar negeri sehingga punya kaitan historis dengan KBRI-KBRI.

Dengan penandatangan ini pihak KBRI diberi akses agar kegiatan dan kiprahnya diberitakan oleh kantor berita yang didirikan oleh Adam Malik itu. Adam Malik adalan wartawan diplomat yang pernah menjadi Dubes RI di Rusia, Menteri Luar Negeri dan kemudian menjadi Wakil Presiden.

"Pemberitaan tentang kiprah KBRI akan menjadi pertanggung jawaban bahwa diplomat bekerja dan tidak tidur," kata Kusaeni.

Dubes Djauhari mengatakan media merupakan mitra diplomasi karena menentukan opini publik. Oleh karena itu kerja sama pemberitaan dengan Antara akan memperkuat diplomasi pers.

Sebelum penandatanganan, diadakan telekonperensi dengan Dirjen Informasi Publik Kemenlu AM Fachir dan Dirjen Amerika dan Eropa Dian Triansyah Djani serta 12 Dubes RI di Eropa Timur.

Dirjen Fachir menyambut baik kerjasama dengan Antara karena saat menjadi Dubes RI di Kairo juga sudah bekerja sama dengan Kepala Biro Antara di Mesir.

"Silahkan diteken dan manfaatkan kantor berita Antara menjadi mitra KBRI," kata Fachir.

Kusaeni menawarkan semua Perwakilan RI di Eropa menandatangani kerja sama serupa.

Dubes RI di Beograd Samuel Samson juga mengaku menggunakan berita-berita Antara dalam majalah yang diterbitkan KBRI.

"Tidak benar kalau ada yang bilang diplomat Indonesia tidur di luar negeri. Kami bekerja tapi tidak terceritakan di media," katanya.

Dubes RI untuk Republik Ceko Emeria Siregar menyatakan siap menandatangani kerja sama pemberitaan dengan Antara.

"Bulan September saya undang Antara ke Praha untuk tandatangan kerja sama," katanya.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013