Jambi (ANTARA Jambi) - Kepala Taman Budaya Jambi Sri Purnama Syam mengatakan, penyelenggaraan Temu Karya Taman Budaya se-Indonesia 2013 menyiapkan 20 stan khusus untuk pameran produksi industri kreatif.

"Guna memberikan kemudahan pada para tamu, pengunjung dan wisatawan dari daerah lain yang ingin mendapatkan souvenir, cinderamata ataupun sekedar ingin merasakan sensasi kuliner khas Jambi, kita menyiapkan 20 stan untuk pameran khusus industri kreatif para perajin Jambi," katanya di Jambi, Minggu.

Pengadaan stan khusus tersebut merupakan kerja sama TBJ dengan pihak Galeri Nasional (Galnas) serta dukungan positif dari Kemenparekraf.

Sementara M Nur Abdullah selaku koordinator Pameran Produk Industri Kreatif Jambi menegaskan, ke-20 stan tersebut secara khusus diperuntukkan bagi para perajin Jambi.

"Ada yang dari luar Jambi seperti dari Jakarta, Palembang, dan Bandung mengajukan diri ingin mengisi stan, terpaksa tegas-tegas kita tolak, karena memang stan ini diperuntukkan bagi produk industri kreatif khas Jambi," katanya.

Sementara, untuk para pedagang umum atau dari luar daerah, panitia mempersilakan untuk mengisi stan lain yang lokasinya ada di luar kawasan arena.

Dalam stan khusus industri kreatif Jambi tersebut akan dihimpun produk-produk perajin Jambi meliputi, tekstil batik, songket, aneka kaos bergambar tentang Jambi, kuliner tempoyak, dodol kentang dari Kerinci, dodol nenas Tangkit, dan sirup kayu manis.

Selain itu, juga dipamerkan aneka kriya dan souvenir khas Jambi seperti kriya anyaman rumput resam, kriya biji karet dan biji sawit, aneka patung dan ukiran, gerabah, batu mulia, kriya logam, dan aneka alat musik khas Jambi.

Selain stan khusus untuk produk industri kreatif khas Jambi, di kawasan arena juga ada arena bazar dan pameran terbuka bagi para PKL atau pedagang dari luar daerah, selain ada juga pameran karya senirupa besar berupa instalasi di halaman TBJ serta pameran senirupa lukisan, fotografi, dan patung di dalam ruang prosenium.

Terlesenggaranya pameran-pameran ini berkat kerja sama dan dukungan positif dari Kemenparekraf, Dikbud dan Galnas, kita sangat bersyukur," kata M Nur.(Ant)

Pewarta: Yupnical

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013