Padang (ANTARA Jambi) - Wakil Presiden Boediono menyatakan, untuk rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) tenaga kesehatan sebenarnya ada kelonggaran dan tidak seketat bidang lainnya, yang mesti dilakukan moratorium atau penghentian sementara.

"Bidang kesehatan ada kelonggaran dalam menambah jumlah tenaga medis, dan tak seketat bidang lain saat diberlakukan moratorium CPNS," kata Wapres di Padang, Minggu.

Menurut Boediono, kuncinya ketika seorang yang diangkat harus benar-benar bekerja sesuai tempat ditetapkan atau ditugaskan saat pengangkatan.

Soalnya ada di bidang tenaga pengajar, namanya ada di suatu sekolah tetapi ketika dicek tak ada. Makanya bidang kesehatan jangan sampai terjadi hal tersebut.

"Kalau seorang yang diangkat sebagai perawat harus bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi, begitu pula sebagai kepala Puskesmas," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Wapres menyampaikan moratorium penerimaan pegawai di bidang lain dan memperketat persyaratannya dalam rekrutmen karena dalam upaya penataan.

Tujuannya, agar tak terjadi seperti di masa lalu, ada tenaga honorer begitu saja diangkat akibatnya berdampak terhadap beban keuangan.(Ant)

Pewarta: Siri Antoni

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013