Jambi (ANTARA Jambi) - Pemkab Tanjung Jabung Barat, Jambi, menyiapkan anggaran sebesar Rp39 miliar untuk tahap awal pembangunan kawasan "Water Front City" (WFC).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabar) Djajang Djuhri ketika ditemui, mengatakan, pembangunan WFC akan dimulai tahun ini dengan biaya awal Rp39 miliar.

Saat ini, segala sesuatu yang berkaitan dengan rencana tersebut sudah dalam proses, dan konsultan perencana sedang melakukan sejumlah kegiatan, katanya.

Djajang menyebutkan, dengan dana sebesar Rp39 miliar tersebut, berdasarkan perhitungan akan menghasilkan volume pekerjaan jalan sepanjang 248 meter dan beberapa fasilitas lainnya.

Sebagai tahap awalnya, pelaksanaan pekerjaan akan dimulai dari Pasar Tanggo Rajo.

Pembangunan WFC bertujuan untuk mempercantik kawasan pelabuhan, mulai dari Pelabuhan Marina sampai Tanggo Rajo Ulu, karena itu pembangunan WFC tersebut akan mengusung konsep wisata.

Djajang Djuhri mengatakan, program tersebut akan dimulai tahun ini. Pelaksanaanya proyek ini melalui proses tender yang akan dilaksanakan secepatnya.

Ia menjelaskan, saat ini konsep dan desain gambar sudah disiapkan, namun ada beberapa bagian yang perlu dikoordinasikan lagi, sebab di sepanjang kawasan yang akan dibangun tersebut cukup banyak pelabuhan.

Pelabuhan-pelabuhan itu mulai dari Tanggo Rajo Ulu, Lasdap, Ampera, Pasar Ikan, hingga Pelabuhan Marina, dan posisi antar pelabuhan itu tidak sama panjang.

Mengingat Pelabuhan Marina juga dijadikan titik untuk konsep pembangunan WFC maka PU bersama konsultan perencana akan berkoordinasi dengan pihak Pelindo, sebab ada hal-hal teknis yang berkaitan dengan standar pelabuhan untuk mencari sinkronisasi.(Ant)

Pewarta: Edison

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013