Jambi  (ANTARA Jambi) - SMA Negeri 3 Kota Jambi dan SMA Titian Teras Muarojambi dinyatakan sebagai juara pertama dan kedua sayembara penulisan cerita pendek yang diselenggarakan Kantor Bahasa Provinsi Jambi.

Sementara pemenang ketiga dan keempat diraih oleh SMA Xaverius I Kota Jambi, kata Ketua Panitia Saymebara Cerpen Pelajar 2013 Kantor Bahasa Provinsi Jambi (KBPJ), Maryani di Jambi, Sabtu.

Penentuan pemenang tersebut adalah hasil dari penilaian dewan juri yang terdiri dari Yupnical Saketi, seniman budayawan Jambi, Syarifah Lestari, penulis instruktur sekolah menulis Semai dan Ketua Forum Lingkar Pena Jambi, serta M Ikhsan salah seorang kritikus sastra Jambi.

"Dewan juri telah menilai dan memilih empat gelar juara dan 20 cerpen terbaik yang akan dibuku antologikan, dari sekitar 95 naskah cerpen karya para pelajar SMA se-Provinsi Jambi Jambi yang telah dikumpulkan panitia lalu dinilai dewan juri selama dua bulan dari Juli hingga Agustus," kata Maryani.

Para pemenang tersebut adalah Rizky Amelia dari SMAN 3 dengan cerpennya yang berjudul "Misteri di Ranah Kerinci", Fulan Arisa dari SMA Titian Teras dengan cerpen "Rekaman Angsoduo", juara ketiga Gita Theresia dengan cerpennya "Ratapan" dan juara keempat cerpen berjudul "Panggung Kecil" karya Stella Juita, keduanya dari SMA Xaverius I Jambi.

Sementara dua finalis yang karyanya juga akan turut dibukukan di antaranya didominasi oleh SMA Xaverius I sebanyak enam orang siswa, SMAN 3 Kota Jambi, SMA Titian Teras, SMAN 12 Merangin, SMK Unggul Sakti, SMAN 5 kota Jambi, SMAN I Batanghari, dan SMA Attaufiq.

Sayembara penulisan cerpen tingkat pelajar SMA se-Provinsi Jambi adalah program tetap KBPJ yang telah berlangsung sejak empat tahun lalu dengan satu orang juri tetap.

Setiap tahunnya, sayembara digelar dengan tema pokok menulis fiksi prosa cerpen yang diangkat dari nilai-nilai kearifan budaya lokal Jambi, yang diharapkan akan muncul generasi sastra Jambi yang kokoh dengan pengetahuan kebudayaan negerinya yakni Melayu Jambi.

"Sayembara yang menjadi program tetap tahunan KBPJ ini memperebutkan hadiah tropi, sertifikat dan uang pembinaan serta penerbitan antologi cerpen siswa," tambahnya Maryani.

Pewarta: Yupnical

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013