Jakarta (ANTARA Jambi) - Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Anggito Abimanyu mengimbau jamaah calon haji agar tidak membawa uang terlalu banyak.

"Jamaah jangan bawa uang banyak-banyak, cukup bawa seperlunya, kalau di sana perlu uang bisa minta keluarganya di sini untuk transfer ke sana," kata Anggito saat meluncurkan program baru layanan penyimpanan uang dan pencarian orang di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Senin malam.

Yang dimaksud layanan penyimpanaan uang, jelas Anggito, memberi layanan pembukaan rekening di embarkasi bagi jamaah yang belum memiliki rekening.

Layanan yang diberikan empat bank yakni BRI, BNI, Mandiri dan BSM ini pertama kali dilaksanakan mengingat pada tahun sebelumnya banyak jamaah yang kehilangan uang terutama di Mekkah.

"Ini tambahan layanan bagi jamaah yang belum punya rekening, karena tahun lalu lumayan banyak yang kehilangan uang, mungkin sampai ribuan jamaah," papar Anggito.

Tetapi Anggito memastikan program itu tidak wajib dan bukan paksaan, namun karena tahun sebelumnya banyak jamaah yang kehilangan uang, ada baiknya jamaah memanfaatkan fasilitas tersebut.

Jika jamaah perlu tambahan uang pun, katanya, mereka bisa dengan mudah minta keluarganya mentransfer dan jamaah mengambil uangnya melalui ATM di Arab Saudi.(Ant)

Pewarta: Fitri Supratiwi

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013